Terbaru, Ini Cara Dapatkan Uang dari YouTube

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 July 2021 19:00
Freepik Foto: Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembuat konten di Youtube punya cara baru untuk mendapatkan uang dari platform. Melalui fitur SuperThanks, yang membuat pengguna memberikan tip pada konten yang ditonton.

Fitur ini memungkinkan pengguna memberikan tip dari empat opsi jumlah uang. Jumlah tersebut US$2 hingga US$50 (Rp28.900-Rp724 ribu) atau setara mata uang regional.

Saat pengguna memberikan tip dari salah satu opsi, maka mereka akan melihat animasi perayaan pada layar. Selain itu juga tampil komentar berwarna dengan nama mereka di bagian komentar bawah video, dikutip dari The Verge, Kamis (22/7/2021).


Sementara para kreator akan bisa menanggapi pesan dengan cara yang sama seperti komentar biasanya.

Sebelumnya selama satu tahun terakhir, fitur telah diujicoba. Namun uji coba tersebut menggunakan nama Viewer Applause.

Sementara itu saat ini Super Thanks telah hadir dalam versi beta. Fitur tersedia untuk pengguna di 68 negara.

Versi beta ini akan hadir untuk Youtube desktop dan aplikasi Android serta iOS.

Super Thanks jadi opsi keempat yang ditambahkan platform untuk langsung membayar langsung ke kreator. Selain itu juga ada membership kanal untuk kreator menawarkan langganan bulanan.

Pilihan lainnya adalah Super Stickers dan Super Chat. Dengan ini penonton konten bisa memberikan tips pada kolom chat selama live streaming berlangsung.

Kedua opsi itu bisa dilakukan untuk feed langsung. Sementara Super Thanks digunakan pada semua unggahan yang telah memenuhi syarat.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading