Senjata Rahasia Iran Atasi Penurunan Pertumbuhan Penduduk

Tech - roy, CNBC Indonesia
21 July 2021 19:04
FILE PHOTO: An Iranian flag flutters in front of the International Atomic Energy Agency (IAEA) headquarters in Vienna, Austria, January 15, 2016.   REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Iran meluncurkan aplikasi perjodohan yang disetujui negara untuk sebagai cara untuk mengatasi ancaman penurunan pertumbuhan penduduk.

Aplikasi tersebut bernama Hamdam yang berarti sahabat. Aplikasi ini dikembangkan oleh badan budaya Islam yang berafiliasi dengan pemerintah. Untuk menggunakan aplikasi ini warga harus memverifikasi identitas mereka dan melakukan tes kompatibilitas psikologis.

Aplikasi ini menawarkan layanan perjodohan antar warga dan konseling kepada calon pasangan dan keluarga mereka. Pengelola aplikasi akan tetap terhubung dengan pasangan hingga empat tahun setelah menikah, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (21/7/2021).


Kencan dilarang di bawah hukum Islam Iran tetapi banyak anak muda menolak perjodohan tradisional dan ingin memutuskan. masa depan mereka sendiri.

Para pejabat Iran telah menyatakan keprihatinannya terhadap populasi Iran. Negara yang dipimpin Hassan Rouhani ini disebut sebagai salah satu negara dengan populasi tertua di dunia dalam dua dekade terakhir.

Menurut laporan media Iran, tingkat kesuburan wanita Iran turun 25% selama empat tahun terakhir. Tingkat kesuburan Iran adalah sekitar 1,7 anak per wanita.

Iran mulai mengubah kebijakan keluarga berencana satu dekade lalu, membuat kontrasepsi, yang selama ini tersedia gratis, secara bertahap semakin sulit didapat.

Pada tahun 2014 Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei mengeluarkan dekrit yang mengatakan bahwa meningkatkan populasi akan "memperkuat identitas nasional" dan melawan "aspek yang tidak diinginkan dari gaya hidup Barat".

Parlemen Iran telah meloloskan ketentuan untuk memberikan insentif keuangan untuk melahirkan dan pernikahan, termasuk pinjaman dan pemberian kepada pasangan muda yang menikah dengan beberapa anak.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading