Deretan Crazy Rich Dunia yang Sudah dan Mau ke Luar Angkasa

Tech - Muhammad Gibran, CNBC Indonesia
17 July 2021 20:18
Tesla and SpaceX Chief Executive Officer Elon Musk listens to a question as he speaks at the SATELLITE Conference and Exhibition in Washington, Monday, March 9, 2020. (AP Photo/Susan Walsh)

Jakarta, CNBC Indonesia - Persaingan antar orang kaya di dunia ini bukan hanya persoalan jumlah harta dan kekayaan mereka. Namun ternyata mereka turut bersaing dan belomba untuk menuju ruang angkasa.

Berikut deretan Orang Terkaya Dunia yang sudah dan mau ke Antariksa


Richard Branson

Miliuner asal Inggris Richard Branson pada minggu 11 Juli 2021, mencoba pesawat roket Virgin Galactic yang terbang hingga 80 kilometer di atas Gurun New Mexico. Pada penerbangan ujji coba tersebut Richard kembali mendarat dengan selamat.

Pesawat ruang angkasa yang membawa Branson itu berwarna putih berkilau, pada bagian bawah bertuliskan VMS Eve yang dinamakan mendiang ibu dari Branson.

Dalam lepas landas dari Spaceport America, merupakan fasilitas milik negara di dekat kota Truth or Concequences Virgin Galactic dengan luas lahan mencapai 18 ribu hectare.

Peluncuran mencapai ketinggian sekitar 46 ribu kaki, melesat lurus ke atas dengan kecepatan supersonic ke ruang angkasa.

Keberhasilan branson merupakan sebuah milestone baru bagi perusahaan yang dirintisnya sejak 17 tahun lalu. Dilansir dari strait times, Virgin Galactic Holding Inc sudah mencoba perjalanan keluar dari bumi. Misi inidisebut pendahulunya sebagai era pariwisata ruang angkasa, dimana Galactic Holding Inc siap beroperasi komersial tahun depan.

Harga tiket untuk perjalanan ke ruang angkasa bersama pesawat dari Richard Branson, dibanderol dengan harga USD 250 RIBU per tiket atau sekitar Rp 3,6 Miliar dengan asumsi kurs 14.500.

Elon Musk

Ceo Tesla yang juga memiliki bisnis pesawat antariksa lewat SpaceX yang berfokus pada kontrak dengan pemerintah untuk mengangkut astronaut dan kargo ke luar angkasa. Laporan dari The Wall Street Journal mengungkapkan jika Elon musk telah membeli tiket ke luar angkasa dari Virgin Galactic.

Namun belum diketahui Elon musk berasa di urutan berapa diantara 600 CALON PENUMPANG PESAWAT SpaceShipTWO. Laporan ini juga menunjukkan, bahwa Elon Musk mendukung pesawat bertenaga roket Virgin Galactic. Hal ini juga menjadi tanda persahabatan antara Elon Musk dan Richard Branson.

Jeff Bezos. (AP Photo/Pablo Martinez Monsivais, File)Foto: Jeff Bezos. (AP Photo/Pablo Martinez Monsivais, File)

 

Jeff Bezos

Tak mau kalah dengan miliuner lainnya, Jeff Bezoz juga pada 20 Juli 2021, akan melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan oleh branson. Melalui perusahaan luar angkasa Bezos Blue Origin, akan meluncurkan pesawat New Shepard Blue Origin. Momen 20 juli juga akan menandai peringatan ke-52 tahun pendaratan Apollo 11 di bulan.

Dalam penerbangan tersebut nantinya juga Jeff Bezoz akan bersama saudaranya Mark Bezos, dan dua orang pelopor kedirgantaraan legendaris Wally Funk. Yang mencuri perhatian pada penerbangan ini ialah sosok Oliver Daemen yang baru berusia 18 tahun.

Sosok pengganti penawar lelang penerbangan ini pada bulan lalu dengan nilai USD 28 juta juga akan ikut namun namanya masih dirahasiakan.

Blue Origin menyebut Daemen sebagai "pelanggan pertama yang membayar" yang terbang dengan New Shepard, tetapi tidak diungkapkan berapa banyak yang dibayarnya.

Daemen akan menjadi orang termuda yang terbang ke luar angkasa, sedangkan Wally Funk yang berusia 82 akan menjadi orang tertua yang menjadi astronot ke tepi luar angkasa.

Roket New Shepard, akan membawa kapsul ke ketinggian lebih dari 340.000 kaki. Roket ini telah menerbangkan lebih dari dua belas penerbangan uji yang sukses tanpa penumpang, termasuk satu pada April di fasilitas perusahaan di Gurun Texas.

Pesawat yang dirancang untuk membawa enam orang dan terbang tanpa perlu pilot, sedangkan virgin galactic milik Richard Branson masih membutuhkan dua orang pilot.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading