Rp10 T Disiapkan buat Prakerja, Ayo Daftar di prakerja.go.id

Tech - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
17 July 2021 13:20
Infografis, Ayo Daftar! Kartu Prakerja Gelombang 16 Resmi Dibuka

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen pelaksana Kartu Prakerja di Semester II tahun ini mencari 2,8 juta peserta. Ini artinya peluang bagi Anda yang mau bergabung ke program ini. Anda masih bisa mendaftar di situs prakerja.go.id.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan dana sebesar Rp 10 triliun untuk menjalankan program ini. Dia mengatakan, Kartu Prakerja menjadi salah satu tindak lanjut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Indonesia.

"Semester II dan berkaitan juga dengan PPKM Mikro Darurat, kita berharap akan bisa tersalurkan Rp 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta," kata Sri Mulyani beberapa waktu lalu.


Bagi Anda yang tertarik, bisa segera mendaftar di situs prakerja.go.id. dan tidak perlu menunggu pengumuman dibukanya pendaftaran Prakerja gelombang 18.

Akan tetapi, perlu dipahami bahwa pemilihan peserta yang lolos dilakukan secara acak. Mereka yang sudah pernah mengikuti program Prakerja, maka mereka tidak diperkenankan ikut kembali.

SYARAT PENDAFTARAN

Beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar di antaranya:

1. Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas.
2. Calon peserta tidak sedang sekolah atau kuliah.
3. Calon peserta tidak sedang menerima bantuan pemerintah seperti BLT, BPUM atau lainnya.
4. Calon peserta juga bukan pejabat negara, PNS, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD.

CARA PENDAFTARAN

Sementara untuk melakukan pendaftaran bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Buka laman www.prakerja.go.id
2. Siapkan nomor Kartu Keluarga dan NIK. Tinggal masukkan data diri serta dimohon ikuti petunjuk yang ada untuk menyelesaikan proses membuat akun.
3. Setelahnya siapkan kertas dan alat tulis. Peserta akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan secara online. Lalu klik tombol Gabung pada gelombang yang sedang dibuka.
4. Peserta tinggal menunggu pengumuman seleksi Gelombang yang akan dikirimkan melalui SMS.

Bagi peserta yang lolos bakal mendapatkan dana sebesar Rp 3,55 juta. Dana Rp 1 juta diberikan untuk membeli paket pelatihan yang harus dibelikan paling lambat 30 hari setelah peserta dinyatakan lolos atau kepesertaan akan hangus.

Nantinya peserta bakal mendapatkan Rp 600 ribu per bulan setelah mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan. Dana itu akan dikirimkan selama empat bulan dan peserta mendapatkan tambahan Rp 150 ribu apabila mengikuti survei sebanyak tiga kali.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading