Mantan Wakil Trump Sebut Ada Bukti Kuat Covid dari Lab China

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 July 2021 18:25
Wakil Presiden AS Mike Pence saat Berbicara di KTT APEC 2018 (Fazry Ismail/Pool via REUTERS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence mengatakan AS harus menuntut pemimpin China "berterus terang" tentang asal-usul Covid-19.

"Bukti kuat menunjukkan bahwa virus corona melompat keluar dari laboratorium China," ujar Pence dalam sambutannya di Heritage Foundation, sebuah wadah pemikir konservatif, dikutip dari US Today, Kamis (15/7/2021). Namun ia tak merinci buktinya.

Mike Pence merupakan pemimpin gugus tugas penanganan virus corona Covid-19 pada masa pemerintahan Presiden Donald Trump.


Dalam sebuah makalah yang diposting minggu lalu, tim yang terdiri dari 21 ahli virologi mengatakan saat ini tidak ada bukti bahwa virus corona dimulai di laboratorium. Tetapi ada "bukti ilmiah substansial yang mendukung asal usul zoonosis," tulis para ilmuwan.

Pence mengkritik pemerintahan Joe Biden karena bergabung kembali dengan World Health Organization (WHO) yang disebutnya dikendalikan China dan karena menghentikan penyelidikan asal mula Covid-19 sebelum kemudian berbalik arah.

Mantan wakil presiden itu juga tampaknya membidik Institut Virologi Wuhan, laboratorium di pusat penyelidikan asal Covid-19 yang sebelumnya menerima dana dari Institut Kesehatan Nasional melalui Aliansi EcoHealth nirlaba.

Ketika Amerika mendanai penelitian ilmiah di China, kata Pence, AS menjadi "terlibat dalam setiap pelanggaran yang dilakukan."

"Dalam keadaan apa pun," katanya, "seharusnya Amerika Serikat mengizinkan pendanaan publik atau swasta untuk laboratorium ilmiah di China komunis."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tudingan Covid-19 Dari Laboratorium China Kembali Muncul


(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading