Resmi! BPOM Terbitkan Izin Pakai Vaksin Pfizer, Efikasi 95%

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 July 2021 15:49
A staff member with the Southeast Louisiana Veterans Health Care System receives a shot with the first batch of Pfizer Inc.'s coronavirus vaccine in New Orleans, Monday, Dec. 14, 2020. (Max Becherer/The Advocate via AP) Foto: AP/Max Becherer

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) menerbitkan emergency authorization atau izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin Pfizer guna melawan Covid-19 di Indonesia.

Vaksin Pfizer akan menjadi vaksin menggunakan platform mRNA kedua yang diberikan izin pakai oleh BPOM setelah pekan lalu lembaga ini menerbitkan izin penggunaan darurat pada vaksin Moderna.

Ketua BPOM Penny Lukito mengatakan vaksin ini bisa diberikan kepada remaja 12 tahun ke atas dengan 2 kali penyuntikan dengan rentan waktu selama tiga minggu.

"Secara umum keamanan umum keamanan vaksin ini bisa ditoleransi. Efikasi usia 16 tahun ke atas 95% dan usia 12-15 tahun adalah 100%," ujarnya dalam konferensi pers digital di Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Vaksin ini memiliki spesifikasi yang khusus penyimpanan khusus dengan temperatur minus 60-90 derajat celcius. Pfizer sudah menyediakan alat khusus.

Efek samping yang paling sering dirasakan adalah nyeri, kelelahan, sakit kepala, nyeri sendir dan demam. Efek ini dapat ditoleransi dengan baik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lawan Covid-19, Indonesia Segera Pakai Vaksin Pfizer


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading