Vaksinasi Covid-19

Bukan Cuma Kimia Farma, Swasta Juga Bisa Jual Vaksin Corona!

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
11 July 2021 16:40
Infografis: Mulai Senin, Vaksin Bisa Beli di Klinik Kimia Farma!

Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto mengungkapkan program Vaksinasi Gotong Royong Individu tidak hanya dijalankan oleh PT Kimia Farma (Persero) semata. Pihak swasta juga dapat menjalankan program tersebut.

Dalam taklimat media virtual, Minggu (11/7/2021), Bambang mengungkapkan alasan di balik program Vaksinasi Gotong Royong Individu. Dasar hukumnya adalah Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021.

Di dalam beleid itu, ada perluasan program Vaksinasi Gotong Royong demi mempercepat herd immunity (kekebalan komunal) di tanah air, terutama di daerah yang menjalankan PPKM Darurat. Melalui aturan itu pula disebutkan kalau program Vaksinasi Gotong Royong juga diperluas tidak hanya untuk badan hukum/badan usaha, melainkan individu/orang perorangan.

Menurut Bambang, mereka bisa memperoleh vaksin dari sejumlah fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Untuk sementara, pelayanan dilaksanakan oleh anak usaha Bio Farma, yaitu Kimia Farma.

"Fasyankes terbuka tidak hanya Kimia Farma tapi nanti ke swasta yang tidak sedang melayani program pemerintah," kata Bambang.

Menurut Bambang, semua itu memungkinkan selama syarat-syarat terpenuhi, antara lain vaksin yang digunakan tidak sama dengan program pemerintah. Pemerintah menggunakan Sinovac dan AstraZeneca, sementara program Vaksinasi Gotong Royong Individu baru menggunakan Sinopharm.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RI Lagi Cari Negara Jiran Buat Percobaan Vaksin Covid-19


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading