Perbandingan HP 5G Termurah, Galaxy A22 5G Vs Poco M3 Pro 5G

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 July 2021 11:15
Samsung A22 5G. (Dok. Samsung)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia secara resmi telah masuk ke era 5G secara komersial. Dua perusahaan telekomunikasi, Telkomsel dan Indosat juga memastikan menggelar jaringan cepat itu di sejumlah wilayah di Indonesia.

Meski baru beberapa wilayah saja, ternyata hal ini cukup mengubah industri smartphone 5G di Indonesia. Misalnya saja, sejumlah perusahaan mulai meluncurkan HP 5G dengan harga yang jauh lebih murah dari sebelumnya.

Sebenarnya ponsel yang mendukung jaringan 5G sudah diluncurkan sejak beberapa tahun terakhir. Namun harganya masih cukup mahal dan berasal dari kelas flagship.

Berbeda dengan sekarang dengan ponsel jaringan generasi baru itu bisa dibeli di bawah harga Rp5 jutaan. Samsung dan Xiaomi baru saja meluncurkan produk teranyarnya dengan harga berkisar Rp2 juta hingga Rp3 jutaan.

Samsung Galaxy A22 5G dan Poco M3 Pro 5G memiliki sejumlah perbedaan meski dbanderol cukup murah. Berikut perbedaan spesifikasinya:

Layar

Samsung Galaxy A22 5G memiliki bentang layar 6,6 inci. Sementara Poco M3 Pro 5G seluas 6,5 inci.

Kedua ponsel hadir dengan resolusi serupa yakni Full HD+. Refresh rate nya pun sama 90Hz.

Desain

Kamera selfie kedua HP hadir dengan desain notch yang kecil. Sementara perbedaan mencolok terlihat di bagian belakang.

Samsung Galaxy A22 5G menempatkan kamera belakangnya dalam pelat segi empat di sisi kiri atas ponsel. Sedangkan Poco M3 Pro 5G memiliki desain persegi panjang dan lensa di tempatkan berjejer ke bawah serta lambang Poco di bagian bawah kamera.

Chipset

Kinerja keduanya didukung oleh MediaTek Dimensity 700.

Sementara terdapat perbedaan RAM dan memori internal masing-masing HP. Galaxy A22 5G misalnya menyediakan RAM 6GB dan RoM 128GB.

Sedangkan Poco M3 Pro 5G hadir dengan dua varian yaitu 4GB+64GB dan 6GB+128GB.

Kamera

Baik Galaxy A22 5G dan Poco M3 Pro 5G dibekali kamera depan berikuran 8MP f/2.0 (wide).

Tiga kamera belakang dimiliki kedua ponsel. Dengan lensa utamanya beresolusi 48MP f/1.8 (wide) PDAF dan depth berukuran 2MP f/2.4.

Kamera ketiga kedua ponsel ternyata berbeda. Galaxy A22 5G hadir dengan 5MP untuk ultrawide f/2.2 dan Poco M3 Pro 5G memiliki lensa makro berukuran 2MP f/2.4.

Baterai

Keduanya memiliki baterai berdaya 5000mah. Selain itu juga didukung pengisian daya cepat.

Untuk Galaxy A22 5G memiliki 15Wfast charging, dan Poco M3 Pro 5G dengan 18W.

Fitur-fitur lain

Sensor sidik jari juga ada di kedua ponsel dan terletak di tombol power. Ada juga port USB Type C serta earphone Jack 3,5 mm.

Poco M3 Pro 5G memiliki pemindai NFC, ada juga IR Blaster yang digunakan sebagai alternatif remote kontrol di rumah.

Harga

Lalu berapa harga kedua ponsel ini? Seperti yang disebutkan diawal, Galaxy A22 5G dan Poco M3 Pro 5G menjadi ponsel 5G dengan harga terjangkau.

Poco M3 Pro 5G dijual dengan harga mulai dari Rp2,6 jutaan. Sementara Samsung Galaxy A22 5G sedikit lebih mahal yakni Rp3,3 jutaan.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading