Kalau Nggak Mau Data Dicuri, Hapus 8 Aplikasi Android Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 June 2021 08:10
Infografis: Jangan Install Aplikasi Ini di Ponsel Android, Atau Dirampok!

Jakarta, CNBC Indonesia - Pencurian data kini menjadi kerap terjadi, terutama di era digital yang semakin canggih ini. Salah satu media yang sering digunakan untuk mencuri data pribadi yaitu melalui aplikasi pada ponsel, terutama jenis android.

Aplikasi tersebut biasanya membawa malware. Salah satu malware bernama Joker bahkan diketahui telah masuk dalam ponsel Android dan bisa mencuri data pribadi pengunduh aplikasi tersebut.

Malware Joker dapat mencuri informasi pribadi dari SMS, daftar kontak dan informasi perangkat. Selain itu juga dapat berinteraksi dengan situs iklan diam-diam. Bukan hanya informasi, korban malware ini juga bisa kehilangan uang.


Quick Heal melaporkan, seluruh aplikasi saat dibuka pertama kali akan meminta mengakses notifikasi. Tak sampai di sana, aplikasi akan mengambil data SMS dari notifkasi dan meminta akses pada kontak.

Setelah mendapatkan izin dari penggunanya, aplikasi akan mengatur izin untuk membuat panggilan telepon. Nantinya aplikasi akan memonitor seluruh data yang didapatkan.

Tak hanya itu, bahkan malware ini juga menyebar pada aplikasi yang populer karena fungsi yang dicari pengguna, beberapa di antaranya yaitu aplikasi scanner, wallpaper dan messaging.

Secara rinci, terdeteksi ada delapan aplikasi yang membawa malware tersebut. Kedelapan aplikasi itu memiliki potensi pencurian data pribadi pengguna.

Berikut daftar kedelapan aplikasi yang membawa malware Joker, mengutip Quick Heal Security Labs:

1. Auxiliary Message

2. Fast Magic SMS

3. Free CamScanner

4. Super Message

5. Element Scanner

6. Go Messages

7. Travel Wallpapers

8. Super SMS


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading