Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Beli Smartphone Gaming

Tech - rah, CNBC Indonesia
29 June 2021 14:55
Xiaomi Redmi Note 8. (Dok: Tangkapan Layar GadGedsNow)

Jakarta, CNBC Indonesia - Smartphone gaming akhir-akhir ini semakin populer di kalangan pecinta gadget. Apalagi dengan semakin populernya berbagai game online membuat keberadaan smartphone yang tahan banting untuk dipakai main game semakin dicari.

Smartphone yang mumpuni untuk gaming berat biasanya memiliki spesifikasi gahar dengan berbagai fitur yang mendukung bermain game lebih lancar. Bagi Anda yang sedang mencari smartphone gaming ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sesuai dengan ekspektasi.

Berikut ada 6 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartphone gaming:


1. Chipset

Komponen utama yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih smartphone gaming adalah chipset yang menjadi 'otak' performa smartphone tersebut. Agar pengalaman bermain game makin apik, pilihlah smartphone yang punya chipset powerful untuk main game dengan grafis tinggi sekali pun.

Contohnya saja Redmi Note 8 yang dibekali chipset Snapdragon 665 dengan prosesor octa-core 4x 2,0 GHz Kryo 260 Gold + 4x 1,8 GHz Kryo 260 dan GPU Adreno 610. Chipset ini sudah mumpuni untuk melakukan berbagai aktivitas biasa di smartphone maupun memainkan game berat tanpa lag yang berarti.

2. RAM dan Memori Internal

Kapasitas RAM dan memori internal smartphone yang ingin dibeli juga harus diperhatikan. Hal ini karena game online yang populer saat ini memiliki ukuran file cukup besar yang butuh ruang penyimpanan cukup di memori internal. Belum lagi file-file tambahan lainnya dari update game yang bisa menyita tempat penyimpanan yang lumayan besar.

Inilah yang membuat memori internal yang besar penting dalam pencarian smartphone. Kapasitas RAM juga perlu diperhatikan karena komponen yang satu ini dapat meningkatkan frame rate saat bermain game dan juga menyimpan data game sementara untuk akses cepat sehingga sewaktu smartphone dipakai main game akan lancar jaya anti ngelag.

Standar kapasitas RAM untuk bisa dipakai main game dengan nyaman disarankan minimal 3GB, sedangkan untuk memori internal minimal 16 GB agar bisa dipakai gaming dan tidak mengganggu kinerja smartphone secara keseluruhan.

3. Sistem operasi

Sistem operasi memiliki andil untuk membuat sebuah smartphone cocok sebagai perangkat gaming atau tidak. Hal ini karena sistem operasi berfungsi untuk mengatur kinerja berbagai aplikasi dalam smartphone agar bisa berjalan bersamaan tanpa membuat crash.

Saat ini banyak game-game populer yang mensyaratkan versi Android terbaru yang bisa memainkan game tersebut untuk memberikan pengalaman main game yang lebih puas. Jadi ada baiknya mencari smartphone dengan sistem operasi Android terbaru, minimal Android 8 atau 9.

4. Kapasitas baterai

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah kapasitas baterai smartphone yang diincar. Baterai berkapasitas besar sangat ideal untuk dipakai bermain game karena bisa tahan lama tanpa harus bolak balik charge. Sebaiknya carilah smartphone dengan kapasitas baterai minimal 4.000 mAh agar maksimal jika dipakai untuk gaming.

Selain kapasitasnya, ada baiknya smartphone tersebut sudah dibekali fitur fast charging sehingga proses pengisian daya bisa lebih cepat.

5. Jenis dan ukuran layar

Layar juga berperan penting saat bermain game, karena ukuran layar juga memberikan kenyamanan ekstra saat memainkan game. Maka dari itu tak dipungkiri jika kualitas layar juga perlu Anda perhatikan sebelum membeli smartphone baru.

Layar smartphone saat ini umumnya menggunakan IPS LCD yang termasuk standar. Namun jika ingin pengalaman gaming yang secara visual benar-benar memanjakan mata, smartphone dengan layar AMOLED bisa jadi pilihan yang tepat.

6. Harga

Hal terakhir yang tentu harus dipertimbangkan sebelum beli smartphone baru adalah harganya. Saat ini hampir semua kelas smartphone punya perangkat yang bisa dipakai untuk gaming meski level game yang bisa dimainkan juga berbeda. Jika Anda hanya gamer casual yang main game hanya sesekali, ada banyak smartphone kelas entry level yang punya spesifikasi oke untuk kebutuhan tersebut.

Namun jika Anda termasuk yang suka main game online dengan visual tinggi dan ukuran besar, maka smartphone di kelas mid hingga flagship bisa jadi pilihan pas.

Beberapa panduan tersebut bisa membantu anda mendapatkan perangkat yang sesuai dengan keinginan dan juga budget. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa cari dan beli smartphone impian dengan mudah secara online melalui website Blibli lho! Brand yang tersedia lengkap, bisa membandingkan harga dan pemesanannya pun mudah.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading