Pegal-pegal & Diare, Ini Gejala Covid-19 yang Sering Dialami

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 June 2021 11:37
Infografis/Ini Ciri-ciri gejala orang terinfeksi Covid-19 dari India/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Gejala corona (Covid-19) yang muncul sejak hari pertama saat ini cukup bervariasi. Mulai dari yang paling umum, seperti sesak napas hingga sakit kepala yang mungkin kerap diabaikan.

Meski demikian, tidak semua pasien mengalami gejala yang sama setelah terinfeksi virus. Faktanya, tidak hanya menyerang sistem pernapasan, virus ini juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, bahkan diare.

Kendati pola gejala setiap orang berbeda, para pakar terus mengamati gejala yang paling umum dialami pasien Covid-19. Mengutip Times Now News, berikut deretan gejala yang sering dialami pasien.


1. Batuk

Virus corona umumnya menyerang sistem pernapasan manusia. Sehingga gejala yang seringkali dialami pasien adalah batuk kering.

Gejala Covid-19 ini menjadi yang paling diwaspadai. Sebab, droplet yang keluar saat batuk bisa menjadi sumber penularan utama virus Corona. Untuk itu, masker wajib dipakai untuk melindungi selama pandemi.

2. Demam

Salah satu kebiasaan yang muncul saat pandemi adalah pengecekan suhu tubuh. Itu karena gejala yang umum juga dialami pasien setelah terinfeksi Covid-19 adalah demam. Meski banyak penyebab seseorang bisa demam, gejala satu ini juga patut untuk diwaspadai.

3. Anosmia

Anosmia adalah gejala yang menyebabkan seseorang tidak bisa mencium bau atau mengecap rasa. Gejala satu ini cukup sering dialami para pasien Corona, yang menyebabkan berbagai makanan dan minuman seperti tidak ada rasanya.

Namun, ketidakmampuan mendeteksi bau ini juga bisa dialami oleh pasien penyakit lain. Seperti infeksi pernapasan pada umumnya juga bisa memicu munculnya keluhan ini.

4. Pegal-pegal

Meski tak hanya dikeluhkan pasien Covid-19, gejala satu ini cukup sering ditemukan pasca terinfeksi virus Corona. Keluhan pegal dan nyeri otot ini muncul saat virus mulai masuk ke dalam tubuh dan mengalami replikasi. Proses tersebut memicu inflamasi atau radang, yang salah satunya ditandai dengan keluhan nyeri.


5. Diare


Selain gangguan pernapasan, virus Corona juga bisa memicu munculnya gangguan pada sistem pencernaan. Gejala yang muncul pada pasien Covid-19 bisa berupa mual, muntah, hingga diare.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading