Begini Cara Cek Nomor Rekening Bank yang Digunakan Penipu

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 June 2021 11:13
Seorang nasabah tengah menggunakan beragam fasilitas yang kini semakin memudahkan transaksi di BNI, baik mesin pencetak rekening koran hingga mesin pembukaan rekening baru (Digital Customer Service) di Jakarta, Rabu (12 Mei 2021). BNI memang tengah mempercepat transformasi digital yang akan semakin memudahkan transaksi nasabah. (Dok. BNI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bertransaksi secara langsung dengan meminta mengirimkan uang pada suatu rekening kerap terjadi. Nah selalu ada yang kena tipu terkait hal tersebut. Masyarakat bisa mencegah menjadi korban dengan melakukan pengecekan lewat laman cekrekening.id.

Dalam laman utamanya, kita bisa memeriksa suatu rekening. Caranya dengan memilih bank dan memasukkan nomor rekening pada kolom di bagian atas laman, lalu ceklis pada kotak i'm not a robot.

Setelah itu klik tombol periksa rekening. Setelah itu akan keluar hasil apakah nomor rekening itu sudah atau tidak pernah dilaporkan terkait tindak pidana.

Laman itu juga bisa mendaftarkan rekening atau melaporkannya. Dalam Daftarkan Rekening adalah jaminan rekening usaha yang digunakan terverifikasi dan belum pernah dilaporkan dengan indikasi tindak pidana.

Selain itu pada fitur Laporkan Rekening juga bisa melaporkan penipuan atau bermasalah. Masyarakat bisa melaporkannya dengan memasukkan identitas rekening dimulai dari jenis bank dan nomor rekening.

Lalu masukkan nama rekening. Setelah itu masukkan kategori yakni jenis transaksi yang dilakukan penipuan, transaksi narkotika hingga pemerasan.

Selan itu juga masukkan sumber atau media transaksi. Terdapat kolom kronologi yang harus dituliksan berdasarkan waktu, cerita kejadian dengan lengkap dan bukti yang dilampirkan.

Setelah itu ceklis pada kolom i'm not a robot dan klik tombol Submit.

Laman ini telah diluncurkan sejak tahun 2017 lalu. Cekrekening.id diluncurkan oleh pihak Kementerian Kominfo.

Tujuannya untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Bareskrim Ingatkan Modus Kejahatan Bobol M-Banking


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading