Layanan Google di Ponsel Android Error, Perlu Uninstall?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 June 2021 17:59
Infografis, Segera Uninstall Tujuh Aplikasi Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna Google di Android mengeluhkan tidak bisa menggunakannya. Nama perusahaan teknologi itu bahkan bertengger di posisi tiga trending topic Twitter Indonesia dengan sekitar 807 ribu tweet.

Sejumlah pengguna menanyakan soal Google yang terus crash. Bahkan mengeluarkan notifikasi yang menyebutkan Google terus berhenti dan meminta untuk memiliki buka aplikasi lagi atau menutupnya.



Sementara itu laporan laman Android Authority menyebutkan jika masalah ini berada di sejumlah ponsel Android. Salah satunya adalah LG Wing yang menjalankan Android 10.

Selain itu masalah yang sama juga ditemui pada Huawei Mate 20 Pro, serta sebagian besar ponsel dengan dukungan Android termasuk Sony, Samsung hingga Google Pixel, dikutip Selasa (22/6/2021).




Android Authority menyebutkan kemungkinan masalah berasal dari pembaruan terbaru dari perusahaan yakni versi 12.23.16.23.arm64 dan 12.22.8.23 dari aplikasi Google. Selain itu ada juga yang melaporkan kerusakan dari versi 12.24.7.29.arm64.

Sementara itu akun Twitter Made By Google telah memberikan tips untuk mengatasi masalah ini. Dalam salah satu reply pada pengguna, akun itu menyarankan soft reboot pada ponsel.

Namun ini ternyata tak berlaku bagi semua orang. Sejumlah pengguna mengatakan jika me-reboot HP tidak membantu menyelesaikan, walau beberapa diantaranya mengatakan berhasil memperbaikinya dengan cara ini.

Sebelumnya pada Maret lalu pernah terjadi masalah dengan Android System Web View. Masalah ini membuat sejumlah aplikasi Android juga mogok bekerja.

Menurut laporan Android Authority kemungkinan masalahnya bukan dari Web View. Tetapi terdapat bug dengan pembaruan aplikasi yang mungkin akan diperbarui lewat update lain dari Google.

Laman itu juga memberikan tips dengan mencoba uninstall lalu menginstall kembali update aplikasi Google. Caranya dengan masuk ke Settings lalu menuju ke Apps.

Setelah itu klik Google app dan masuk ke menu tiga titik dan terakhir klik Uninstall update.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading