Raih Pendanaan Rp 1,3 Triliun, Ini Strategi Ekspansi Ajaib

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
22 June 2021 15:10
Dok.Ajaib

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa waktu lalu, Ajaib baru saja menyelesaikan putaran pendanaan pendanaan Seri A senilai US$ 90 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun (kurs Rp 14.500).

CEO AJAIB, Anderson Sumarli mengatakan, melalui pendanaan tersebut, dia percaya bahwa teknologi di Indonesia dan Pasar Modal Indonesia bisa bersaing secara global.

"Teknologi kita tidak kalah dengan Sillicon valley. Jadi saya bersyukur diberi kepercayaan dari investor global, kepercayaan pasar modal di RI," ujarnya pada CNBC Indonesia Fintech Week "The Future of Fintech: New Normal Era", Senin (21/6/2021).


Adapun jumlah yang didapatkan tersebut akan digunakan untuk edukasi dan teknologi seiring dengan strategi yang dilakukan Ajaib. Edukasi yang dimaksud adalah untuk meningkatkan literasi anak muda.

"Teknologi untuk customer experience agar investor pemula bisa investasi secara mudah. Kami percaya edukasi dan teknologi, sesuatu spesial akan terjadi. Dari interest anak muda sangat besar bukan hanya saham tapi juga reksadana. Fokus kita menggunakan uang untuk edukasi dan teknologi," tegasnya.

Dia percaya, dalam dua tahun ke depan Indonesia bisa menyamai Thailand di untuk jumlah investor yang terjun di pasar modal. Saat ini, Indonesia baru 1%, sementara Thailand mencatat 3% penduduknya sudah melek pasar modal.

"Percaya Indonesia 2 tahun ke depan capai 3%. Tetangga kita bisa capai 3% pasti peluang Indonesia lebih besar," katanya.

Ajaib merupakan aplikasi layanan saham dan reksa dana yang dapat diakses secara online oleh berbagai lapisan masyarakat. Menurutnya, melalui Ajaib, registrasi hingga transaksi bisa dilakukan secara online.

"100% akun opening melalui aplikasi. investor pemula yang mau investasi saham 100% online. Kebanyakan besoknya sudah bisa investasi," tuturnya.

Apa yang ditawarkan Ajaib menurutnya cocok dengan situasi saat pandemi. Meminimalisir bertemu orang lain dan bisa transaksi 100% online menjadi salah satu keunggulan Ajaib. Untuk itu, Ajaib melakukan beberapa hal untuk semakin memanjakan penggunanya.

"Pertama implementasi elektonik, teknologi canggih. untuk mengecek Know Your Customer (KYC) secara ketat dan menjaga customer experience. Kemudian kerjasama dengan beberapa pihak misal dukcapil, background cek nasabah. Sembari menjaga customer experience. Kami menjaga mitigasi risiko KYC dan anti money laundring," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading