'5G Bukan Sekadar untuk Nonton Video atau Chatting Saja'

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 June 2021 14:31
Smartfren

Jakarta, CNBC Indonesia - Jaringan 5G ternyata tak hanya untuk penggunaan hiburan semata. Menurut Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, teknologi itu menjanjikan banyak hal.

"Seperti kita ketahui bukan sekedar dinikmati di HP hanya untuk melihat-lihat film, video atau apapun apalagi hanya sekedar chatting. Sangat disayangkan, karena 5G adalah teknologi yang menjanjikan banyak hal dari segi kecepatan, kapasitas, latensi dan lain-lain," kata Merza saat konferensi pers trial 5G secara online, Kamis (17/6/2021).

Dia mengatakan teknologi sebelum 5G pun tidak ada kekurangan untuk melayani kegiatan menonton video atau chattingan.

Merza menambahkan uji coba 5G sendiri bertujuan untuk mengkaji layanan 5G secara komplit. Ini diperuntukkan baik untuk industri, layanan umum dan misi kritis lainnya seperti kesehatan.

"Hasil trial ini nantinya mendapatkan untuk bersama membuat kesimpulan bahwa dengan milimeterwave melayani hal-hal yang spesifik seperti apa," ungkapnya.

Merza juga menyebutkan sejumlah industri yang jadi prioritas Smartfren dalam menggelar 5G. Pertama adalah industri manufaktur, karena perusahaannya bagian dari grup Sinar Mas memiliki banyak pabrik.

Pabrik-pabrik itu telah melakukan otonomisasi. Menurutnya dengan layanan 5G maka otonomisasi akan jauh lebih sempurna lagi.

Selain itu juga ada industri kesehatan dan transportasi yang juga menanti kehadiran 5G. Menurutnya dengan tambahan jaringan cepat itu kedua industri akan berjalan jauh lebih sempurna.

Ada juga industri agrobisnis yang membutuhkan 5G. Saat ini telah banyak Internet of Things atau IoT yang menyasar industri itu.

"Ini juga merupakan hal-hal di negara kita saat ini sangat luas dan sangat besar kapasitas yang dibutuhkan dalam menjaring otomatisaasi yang sedang dijalankan. Banyak lagi yang lain," kata dia.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading