Menkes: Corona Varian Delta Dominasi DKI, Kudus & Bangkalan!

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
14 June 2021 16:40
Keterangan Pers Menteri Kesehatan, Kantor Presiden, 14 Juni 2021. (Tangkapan layar Youtube  Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini virus corona varian delta atau B1617.2 dari India sudah banyak ditemukan di Indonesia.

Setidaknya, virus baru asal India ini sudah terdeteksi di tiga daerah yang memiliki tingkat positif tinggi atau berada di zona merah.

"Beberapa daerah seperti Kudus, DKI Jakarta, Bangkalan memang sudah terkonfirmasi varian delta B1617.2 atau varian dari India mendominasi," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (14/6/2021).


Penemuan ini juga sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden pun meminta untuk mempercepat dua hal yakni implementasi di lapangan dan juga akselerasi vaksinasi.

"Karena ini penularannya lebih cepat walaupun tidak lebih mematikan tapi ini perlu benar-benar kedua hal tadi dipercepat atau dipraktekkan," jelasnya.

Untuk implementasi di lapangan, Presiden menegaskan agar memperketat penerapan protokol kesehatan melalui PPKM mikro, terutama daerah yang berada di zona merah. Salah satunya mendisiplinkan tiga kegiatan yang dinilai saat ini banyak menjadi penyebaran kasus.

Ketiganya adalah kegiatan pariwisata, makan bersama di luar rumah dan juga berkerumun di tempat umum.

Sementara itu, untuk akselerasi vaksinasi dilakukan koordinasi antara dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta juga pihak kepolisian. Presiden pun mengharapkan vaksinasi bisa dilakukan untuk 700 ribu orang per hari di bulan ini dan bulan depan 10 ribu per hari.

"Kami diminta pastikan koordinasi berjalan dengan baik dan supply vaksin dilakukan dengan baik," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading