Ingin Cicip 5G di Indonesia? Ini Syarat dan Caranya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 June 2021 07:01
FILE PHOTO: A 5G sign is seen during the Mobile World Congress in Barcelona, Spain February 28, 2018. REUTERS/Yves Herman/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Operator seluler Telkomsel telah resmi meluncurkan layanan 5G di Indonesia. Ini juga jadi penanda jika Indonesia sudah masuk ke era 5G.

Mungkin kamu jadi salah satu orang yang penasaran dengan kehebatan 5G. Kamu sebenarnya bisa mencicipi langsung 5G Telkomsel, namun dengan sejumlah syarat.

Pertama, smartphone yang kamu gunakan pastinya sudah mendukung jaringan 5G. Untuk Telkomsel, ponsel ini harus kompatibel dengan frekuensi N40 yaitu 2.300-2.400 MHz.


Selain itu kamu juga bisa mengganti pengaturan jaringan menggunakan 5G di smartphone. Melansir helpforsmartphone, untuk ponsel Samsung caranya masuk ke Settings dan klik Connections lalu tekan Mobile Networks.

Pilih Network Mode dan tekan pilihan yang diinginkan. Di bagian atas pilihan akan tersedia 5G/4G/3G/2G (autoconnect).

Nah, soal kartu SIM kalau kamu sudah menggunakan kartu SIM 4G tak perlu lagi menggantinya untuk mencicipi 5G. Pengalaman ini tak ditemukan saat migrasi 3G ke 4G yang harus mengganti SIM Card.

Soal pelanggan Telkomsel yang tak perlu mengganti kartu SIM untuk menikmati layanan 5G juga ditegaskan oleh Direktur Utama saat itu, Setyanto Hantoro. "Untuk saat ini jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Selain itu, perhatikan juga soal daerah tempat kamu berkegiatan saat ini. Sebab 5G Telkomsel baru tersedia di beberapa wilayah saja, jadi pastikan berada di daerah cakupan itu untuk bisa merasakan pengalaman dengan jaringan ngebut tersebut.

Layanan 5G ada di kota Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar dan Bandung. Lalu juga ada di sejumlah wilayah di kawasan Jabodetabek.

Berikut wilayah 5G di Jabodetabek:

  1. Alam Sutera: Kunciran Mas, Griya Sutera, dan Sutera lavender.
  2. BSD: Boulevard BSD, Puspita Loka CLuster, dan Provence Parland.
  3. Kelapa Gading: Gading Pandawa, Gading Harmony, dan Villa Gading Indah.
  4. Pantai Indah Kapuk (PIK): Bukit Gold Mediterania, Komplek Johar, dan Golf Coast PIK.
  5. Pondok Indah: Pondok Indah Town House dan Perumahan Pondok Indah.
  6. Widya Chandra: Komplek Widya Chandra dan Perumahan Dinas Menteri Widya Chandra.

Saat peluncuran pekan lalu, Telkomsel juga sudah merilis paket data 5G yang bisa didapatkan oleh pelanggan operator seluler tertentu melalui sistem undangan. Harga promo nya adalah Rp26 ribu untuk paket data 126GB sampai dengan 26 Juli 2021.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading