Pakai Teknologi Ini, Baterai Ponsel Terisi Penuh Cuma 8 Menit

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 May 2021 19:00
Xiaomi M11 Pro (Twitter Xiaomi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Xiaomi kembali memamerkan teknologi fast charging terbarunya. Kali ini pengisian daya bisa mengisi penuh baterai hanya dalam waktu delapan menit.

Pengisian daya itu menggunakan sistem 'HyperCharger' wired sebesar 200W, atau 15 menit dengan pengisian daya nirkabel 120W, dikutip The Verge, Senin (31/5/2021).

Dalam video yang dibagikan di akun Twitter resminya, menampilkan tahapan pengisian daya super cepat itu. Dengan baterai ponsel Mi11 Pro berdaya 4000mAh, pengisian daya dengan kabel dalam waktu 44 detik bisa mengisi 10%.


Sementara 50% baterai bisa terisi dengan waktu sekitar tiga menit saja. Terakhir baterai terisi penuh dalam waktu delapan menit.



Lalu video berpindah dengan ponsel yang sama namun menggunakan wireless charging 120W. Dalam waktu satu menit, baterai ponsel terisi 10%. Lalu 50% dalam waktu tujuh menit, dan terakhir hanya 15 menit dapat mengisi penuh baterai ponsel.

Bukan kali ini saja, Xiaomi memamerkan teknologi pengisian daya cepat. Dua tahun lalu, perusahaan itu telah memperkenalkan sistem 100W mengisi baterai 4000 mAh dalam waktu 17 menit.

Sementara itu, tahun lalu baterai Mi 10 Ultra dapat terisi penuh dalam waktu 23 menit dengan sistem 120 W. Ponsel itu memiliki daya sebesar 4500 mAh.

Selain Xiaomi, ada Oppo yang juga jadi pemimpin dalam sistem pengisian daya cepat. Dengan teknologi Vooc, perusahaan itu telah memperkenalkan sejumlah sistem dalam beberapa waiktu terakhir.

Tahun lalu, telah diperkenalkan dengan 125W dapat mengisi 20 menit untuk baterai 4000 mAh. Sementara itu Find X3 Pro membawa pengecasan 65W.

Namun perlu diingat ya, sistem pengisian daya cepat ini membutuhkan charger dan kabel eksklusif. Jadi kemungkinan akan sering digunakan di rumah dibandingkan dalam situasi darurat.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading