Instagram Izinkan Pengguna Sembunyikan Likes, Ini Alasannya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 May 2021 12:30
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Instagram logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Instagram akhirnya merilis resmi fitur untuk menyembunyikan jumlah likes dalam platformnya. Lalu apa alasannya?

Rencana menyembunyikan jumlah likes itu sudah datang dari tahun 2019. Saat itu banyak pertanyaan soal efek jejaring sosial pada kesehatan mental, Instagram mengumumkan uji coba tampilan feed tanpa likes.

Saat itu diujicobakan unggahan gambar tanpa jumlah likes yang terlihat oleh publik. Sementara orang yang mengunggah tetap bisa melihat jumlahnya, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (28/5/2021).


"Ini tentang anak muda. Idenya mencoba dan menurunkan tekanan Instagram, menjadikannya bukan kompetisi, memberi orang lebih banyak ruang berfokus terhubung dengan orang tercinta, hal-hal yang menginspirasi mereka.Tapi ini benar-benar berfokus pada kaum muda," jelas bos Instagram, Ada Mosseri.

Saat peluncuran beberapa hari lalu, Instagram menyebutkan jika menurut sejumlah pihak bahwa tidak melihat jumlah sama bermanfaat bagi sebagian orang dan mengganggu lainnya. Sebab jumlah juga digunakan untuk sesuatu yang sedang tren.

"Terutama karena orang-orang menggunakan jumlah yang sama untuk memahami apa yang sedang tren atau populer, jadi kami memberi pilihan," kata Instagram dalam unggahan di blog resminya.

Di sisi lain, laporan The New York Times menyebutkan banyak penelitian yang menemukan bukti terbatas menghubungkan penggunaan smartphone atau jejaring sosial dengan perubahan kesehatan mental.

Jejaring sosial tidak berarti baik bagi remaja atau siapapun. Namun mereka tidak terlalu berpengaruh pada kesehatan mental. Bila asumsinya benar, masuk akal adanya perubahan pada Interface pengguna di aplikasi juga hanya berefek terbatas saja.

Di Instagram sendiri fitur ini tampil sebagai pilihan bukan sesuatu yang wajib. Nampaknya pilihan ini akan diadopsi oleh banyak jejaring sosial di masa depan. CEO Twitter, Jack Dorsey memperkirakan nantinya pengguna bisa memilih algoritma peringkat feed dengan berbeda.

Sebagai informasi, berikut cara untuk menghilangkan jumlah likes di Instagram:

  • Masuk ke profile, klik ikon tiga garis yang berada di bagian atas kanan layar.
  • Masuk ke menu Settings dan lanjutkan ke menu Privacy.
  • Akan ada menu Posts, setelahnya aktifkan Hide Like and View Counts.

Pengguna juga bisa menyembunyikan likes per postingannya sendiri. Caranya dengan klik ikon titik tiga pada postingan. Setelahnya pilih Hide Like Count.

Selain itu sebelum mengunggah ke feed Instagram, pengguna juga bisa menyembunyikan jumlah likes, yakni dengan:

  • Layar terakhir sebelum mengunggah postingan baru, di bagian bawah layar akan ada menu Advanced Settings.
  • Pilih menu Advanced Settings.
  • Setelah itu di bagian atas layar, aktifkan pilihan Hide Like and View Counts on This Post.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading