Vaksin Moderna 100% Efektif Untuk Remaja 12-17 Tahun

Tech - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
25 May 2021 21:30
A Palestinian medic displays a vial of the Moderna COVID-19 vaccine, at the health ministry, in the West Bank city of Bethlehem, Wednesday, Feb. 3, 2021. The Palestinian Authority has administered its first known coronavirus vaccinations after receiving several thousands of doses of the Moderna vaccine from Israel. The Pfizer-BioNTech and AstraZeneca vaccines will be provided in the coming weeks through COVAX, a World Health Organization program designed to help poor countries acquire vaccines. (AP Photo/Nasser Nasser)

Jakarta, CNBC Indonesia - Moderna menyatakan vaksin Covid-19 yang diproduksi efektif untuk remaja berusia 12-17 tahun. Perusahaan ini pun akan mengajukan izin ke otoritas setempat pada Juni mendatang. Adanya pernyataan membuat Moderna menjadi yang kedua setelah Pfizer yang menyatakan vaksinnya efektif untuk remaja.

Dilansir dari CNBC International perusahaan akan meminta Food and Drug Administration (FDA) untuk memperluas penggunaan darurat pada vaksin Covid-19 untuk remaja. Jika disetujui maka jumlah sasaran vaksinasi Covid-19 pun akan bertambah drastis.

Sebelumnya Pfizer telah mendapatkan izin untuk menyuntikan vaksin ke remaja berusia 12-15 tahun.


"Kami menemukan bahwa mRNA-1273 sangat efektif dalam mencegah COVID-19 pada remaja," kata CEO Moderna Stephane Bancel dalam siaran persnya dikutip dari CNBC International, Selasa (25/5/2021). "Kami tetap berkomitmen untuk melakukan bagian kami untuk membantu mengakhiri pandemi COVID-19."

Nantinya vaksin dua dosis diberikan selang waktu empat minggu. Studi fase 2-3 untuk vaksin Moderna ini dilakukan pada 3.700 remaja. Berdasarkan data hasil uji klinis, tidak ada kasus Covid-19 yang diamati pada peserta yang menerima dua dosis. Sementara pada kasus plasebo terdapat empat kasus.

Perusahaan juga mengungkapkan tidak ada masalah keamanan yang signifikan yang diidentifikasi, ataupun efek samping tertentu. Adapun efek samping yang konsisten terlihat juga terjadi pada orang dewasa. Efek samping yang paling umum setelah dosis kedua adalah sakit kepala, kelelahan, nyeri otot dan kedinginan.

Data terbaru ini ada kurang dari tiga minggu, setelah perusahaan mengungkapkan laporan awal yang menunjukan vaksin Moderna 98% efektif dalam melindungi remaja 12-17 tahun. Data itu didasarkan pada mereka yang menerima setidaknya satu dosis vaksin.

Regulator AS diharapkan mengabulkan permintaan Moderna untuk digunakan di kalangan remaja. Proses persetujuan bisa memakan waktu sekitar satu bulan. Jika izin didapatkan maka akan bertepatan dengan waktu kegiatan musim panas dan kelas musim gugur, jika Moderna mengirimkan datanya pada awal Juni.

Ahli kesehatan mengungkapkan vaksinasi anak-anak menjadi bagian penting dala mengakhiri pandemi Covid-19 dan membentuk kekebalan kelompok. Vaksinasi untuk anak-anak juga dapat mempercepat kembalinya pembelajaran tatap muka dan kegiatan ekstrakurikuler setelah sekolah seperti olahraga, seni, dan kegiatan tatap muka lainnya.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading