Gila! SoftBank Cuan Rp 518 Triliun dari Investasi di Coupang

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
12 May 2021 18:38
People walk by a SoftBank shop in Tokyo, Monday, Nov. 9, 2020. Japanese technology company SoftBank Group Corp. said Monday it restored its profitability in the last quarter as its investments improved in value. (AP Photo/Koji Sasahara)

Jakarta, CNBC Indonesia - Unit Vision Fund SoftBank mengumumkan bahwa mereka berhasil lepas dari kerugian dan membukukan keuntungan sebesar US$ 37 miliar atau setara Rp 518 triliun di tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2021. Hal ini didasari oleh keberhasilan dalam investasi mereka di perusahaan e-commerce jual beli mobil asal Korea Selatan, Coupang.

Dikutip Reuters, Navneet Govil, kepala keuangan Vision Fund, menyebut bahwa hal ini merupakan sebuah warisan ide penting dari pendiri SoftBank Masayoshi Son dimana ide ini telah terbukti berhasil dalam menaikan laba perusahaan.

"Ini jelas validasi tesis Masayoshi," ujarnya.


Dengan pembukuan keuntungan ini perusahaan asal Jepang itu menyatakan akan mengisi ruang-ruang IPO lebih lanjut. Govil menyebut bahwa perusahaan teknologi masih mendapatkan antusiasme pasar yang luas.

"SoftBank telah menaikkan modal komitmennya pada dana kedua menjadi US$ 30 miliar (Rp 420 triliun) dari US$ 10 miliar (Rp 140 triliun), yang mencerminkan luasnya peluang investasi," kata Govil.

Govil juga ikut merinci beberapa perusahaan yang diprediksi membawa keuntungan dan peluang signifikan. Rata-rata perusahaan itu tersebar di wilayah China.

"Perusahaan portofolio yang belum terdaftar seperti perusahaan ride-hailing Didi, pemilik TikTok Bytedance dan platform layanan truk Full Truck Alliance memiliki pertumbuhan pendapatan yang kuat, pangsa pasar yang sehat dan jalur yang jelas menuju profitabilitas," tambahnya.

Lebih lanjut pihaknya menambahkan bahwa pihaknya saat ini membuka model special purpose acquisition company (SPAC) untuk beberapa perusahaan naungannya. Salah satu yang cukup intens menginginkan hal ini adalah Grab.

"Kesepakatan Grab menawarkan keuntungan lebih lanjut untuk Vision Fund jika transaksinya berhasil," sebut Govil.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading