Ada Warga DKI Wafat, RI Tetap Lanjut Pakai AstraZeneca?

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
11 May 2021 06:50
(AP Photo/Kirsty Wigglesworth/FILE)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Indonesia menyatakan program vaksinasiĀ Covid-19 dengan menggunakan vaksin AstraZeneca akan terus dilanjutkan meski ada warga DKI Jakarta meninggal diduga akibat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Sejauh ini, kajian dan investigasi kasus tersebut juga masih belum rampung.

"Tetap dilanjutkan vaksinasi, karena dalam prinsipnya Kemenkes pelaksanaan. Jadi ya kita jangan buang waktu, kita mendorong terus vaksinasi, karena WHO sendiri rekomendasinya masih tetap dilanjutkan," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (10/5/2021).



Nadia menyebut masih banyak negara di Eropa dan lainnya yang tetap menggunakan vaksin Covid-19 AstraZeneca, meski terdapat beberapa dugaan KIPI yang dilaporkan. Misalnya berupa pembekuan darah atau blood clot.

Selain itu, berdasarkan data Komnas KIPI, belum pernah ada kejadian orang yang meninggal akibat vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Dalam beberapa kasus sebelumnya, orang yang meninggal usai disuntik vaksin bukan karena jenis vaksin yang diterima, melainkan penyebab lain.

"Jadi terkait keputusan vaksinnya ditunda kita tunggu saja hasil dari Komda dan Komnas KIPI. Tapi vaksinasi tetap jalan, apalagi kan jumlah vaksin terbatas jadi jangan sampai kita menunda vaksinasi," ungkap Nadia.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini



[Gambas:Video CNBC]

(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading