Obat China Ini Diklaim Ampuh Turunkan Resiko Kematian Covid

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
10 May 2021 20:31
INFOGRAFIS, Daftar Negara Yang Terjangkit Virus Corona

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah penelitian baru menunjukkan sup qingfei paidu, obat tradisional China, dapat membantu mengurangi tingkat kematian pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit hingga setengahnya.

Qingfei paidu adalah ramuan yang mengandung lusinan herbal dan akar TCM, termasuk ephedra, akar licorice, dan almond pahit. Versi awal resep tersebut diyakini berasal dari Dinasti Han Timur (25-220).

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Rumah Sakit Fuwai dari Akademi Ilmu Kedokteran China & Peking Union Medical College tersebut meneliti lebih dari 8.900 pasien Covid-19. Para pasien tersebut telah menerima perawatan di 15 rumah sakit di provinsi Hubei dari Januari hingga Mei tahun 2020 lalu.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka kematian bagi mereka yang menjalani pengobatan mencapai 1,2% sedangkan angka kematian untuk pasien lain adalah 4,8%. Sebagai informasi, hampir 30% diantaranya telah menggunakan qingfei paidu sebagai bagian dari pengobatan terapi mereka.

Studi ini menyimpulkan bahwa penggunaan qingfei paidu dikaitkan dengan penurunan 50% kematian pada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, tanpa memperbesar risiko mengembangkan luka hati atau ginjal akut.

Li Jing, kepala tim peneliti, mengatakan berdasarkan pedoman diagnosis dan pengobatan nasional untuk penyakit Covid-19, qingfei paidu adalah satu-satunya resep yang direkomendasikan untuk merawat semua pasien corona mulai dari kasus ringan hingga kritis.

"Pemberian obat TCM yang ekstensif pada pasien yang dirawat di rumah sakit selama wabah telah menciptakan dasar yang kuat untuk penelitian kami karena ketika menilai efektivitas klinis obat tertentu, sangat penting untuk memulai dengan mengumpulkan dan menganalisis dari sejumlah besar kasus," katanya, dikutip dari China Daily.

Menurut Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional China, penelitian sebelumnya telah membuktikan kemanjuran resep herbal dalam mencegah kasus ringan dan sedang memburuk menjadi infeksi parah. Namun, bukti perannya dalam menurunkan angka kematian dianggap masih kurang.

"Studi ini sejauh ini merupakan penelitian klinis terbesar tentang qingfei paidu dan temuannya telah memberikan bukti kuat untuk membuktikan kemanjurannya yang nyata dalam menyelamatkan nyawa pasien Covid-19," kata Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional China.

Sampai saat ini, belum ada pengobatan khusus yang disetujui untuk pasien Covid-19. Selama perang melawan epidemi, 92% pasien yang dikonfirmasi telah menjalani terapi TCM, dengan tingkat kemanjuran di Hubei mencapai 90%, menurut buku putih yang dirilis pada Juni.

Hasil studi ini pertama kali diterbitkan di situs web pracetak MedRxiv.org pada akhir Desember 2020. Pada 31 Maret, studi dirilis di Phytomedicine, jurnal peer-review.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading