Cara video call 50 orang di Whatsapp, Buat Lebaran Digital

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 May 2021 12:35
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to logos of social media apps Signal, Whatsapp and Telegram projected on a screen in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Masyarakat Indonesia yang berlebaran tahun ini harus mengalami tanpa tradisi mudik. Sebab pemerintah resmi melarang kegiatan tersebut pada Hari Raya Idul Fitri nanti.

Sebenarnya sejak pandemi melanda Indonesia tahun lalu, sejumlah masyarakat juga memutuskan tak pulang kampung. Untuk tetap terhubung dengan keluarga, akhirnya dipilih lebaran digital alias memanfaatkan platform online yang menghadirkan layanan video conference.

Platform-platform tersebut seperti Zoom, Microsoft Teams, serta Google Meet. Bila kamu ingin menggunakan yang lebih mudah dan digunakan hampir semua orang, mungkin bisa melakukan lebaran digital dengan WhatsApp.


WhatsApp sudah menghadirkan layanan video call yang bisa digunakan lebih banyak orang lagi dalam satu panggilan. Jelas ini lebih memudahkan bagi yang ingin berlebaran dengan keluarga besar.

Video call WhatsApp saat ini sudah mendukung untuk melakukan panggilan 50 orang sekaligus. Namun memang layanan ini baru bisa dilakukan untuk versi web, sementara pada aplikasi mobile maksimal yang bisa melakukan video call adalah 8 orang.

Rencana Facebook mengintegrasikan platform dalam keluarganya termasuk dalam video call WhatsApp ini. Layanan tersebut sudah bisa tersambung dengan aplikasi pesan singkat lain Facebook Messenger.

Jika ingin menggunakan video call melalui WhatsApp dengan puluhan orang, berikut cara pakainya.

  1. Pastikan jika WhatsApp Web yang akan digunakan sudah dalam versi terbaru.
  2. Pilih keluarga atau teman yang ingin diajak video call.
  3. Buka chat, lalu tekan ikon klip di bagian kiri bawah layar WhatsApp Web.
  4. Lalu pilih gambar kamera atau Room. Simbol itu ada di bagian atas menu.
  5. Setelah itu, akan menuju ke Messenger dan log in ke akun Facebook.
  6. Akan ada tautan atau link khusus. Copy link tersebut untuk mengundang pengguna lain dan bisa bergabung untuk video call.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading