Clubhouse Android Dirilis, Facebook & Twitter Waspadalah!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 May 2021 11:10
The icon for the social media app Clubhouse is seen on a smartphone screen in Beijing, Tuesday, Feb. 9, 2021. Chinese authorities are blocking access to Clubhouse, a social media app that allowed users in China to discuss sensitive topics with people abroad including Taiwan and treatment of the country’s Muslim minority. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - Clubhouse versi beta akan hadir Android secara bertahap mulai hari ini. Pengguna yang tertarik sudah dapat mengunduh dan mendaftarnya sekarang.

"Jika Anda pengguna Android, Anda bisa mengunduh Clubhouse untuk Android dan mendaftar sekarang untuk diberitahu saat sudah tersedia di area Anda," tulis pihak Clubhouse dalam blog resminya, dikutip Senin (10/5/2021).

Versi Android akan mulai bisa diunduh hari ini di AS, serta diikutip sejumlah negara berbahasa inggris. Lalu berikutnya akan diikuti wilayah lain di dunia.


Pihak Clubhouse mengatakan, dalam beberapa minggu akan mengumpulkan feed back dari pada pengguna. Perusahaan akan memperbaiki masalah serta menambah sejumlah fitur sebelum akhirnya menghadirkan aplikasi secara luas.

"Rencana kami dalam beberapa minggu ke depan adalah mengumpulkan feed back dari komunitas, memperbaiki masalah apapun dan bekerja menambahkan sejumlah fitur akhir sepetto pembayaran dan pembuatan klub sebelum meluncurkan lebih luas lagi," kata perusahaan.

Menurut Clubhouse, adanya aplikasi versi Android akanterasa lebih lengkap. Tak lupa mereka berterima kasih atas kesabaran pengguna Android.

Selain itu, perusahaan juga mengumumkan cara mereka untuk tetap bertumbuh. Yakni tetap melanjutkan sistem daftar tunggu dan undangan, yang memastikan tiap anggota komunitas baru bisa membawa sejumlah teman dekat mereka.

Clubhouse juga menjanjikan akan memperluas dukungan bahasa dan juga menambah fitur dalam platfom.

"Masuk ke musim panas dan terus untuk memperluas backend, kami berencana untuk memulai membuka lebih jauh, menyambut jutaan lebih orang dari daftar tunggu iOS, memperluas dukungan bahasa dan memnnambahkan lebih banyak aksesibilitas fitur, jadi orang di dunia bisa merasakan Clubhouse dengan lebih asli bagi mereka," jelas Clubhouse.

Peluncuran Android Untuk Mengerek Jumlah Pengguna?

Pengumuman peluncuran ini datang saat jumlah unduhan Clubhouse merosot tajam. Melansir Business Insider, menurut laporan Sensor Tower pada bulan April unduhan aplikasi hanya 922 ribu di bulan April.

Jumlah tersebut turun sebanyak 66% dari 2,7 juta install pada Maret. Bahkan jauh dari bulan Februari sebanyak 9,6 juta install.

Padahal bulan Januari 2021 jumlah pengunduh 2,4 juta orang, artinya naik 300% di bulan Februari yang mencapai hampir 10 juta.

Penurunan ini menandakan adanya pelambatan pada platform media sosial berbasis audio tersebut. Selama satu tahun diluncurkan, Clubhouse memang sempat menjadi viral pada awal tahun ini.

Selama ini, Clubhouse hanya bisa digunakan oleh pengguna iOS saja. Aplikasi itu juga sangat eksklusif karena orang yang bergabung tidak sembarang membutuhkan undangan dari yang sudah pernah menjadi pengguna di dalam aplikasi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading