6,4 Juta Vaksin Masuk RI, Menkominfo Ingatkan Larangan Mudik

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 April 2021 13:18
Kedatangan Vaksin COVID-19 Tahap Kesepuluh di Bandara Soekarno-Hatta (Tangkapan Layar Youtube @Kemkominfo TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 6 juta vaksin Sinovac dalam bentuk bahan baku dan 484.400 vaksin Sinopharm dalam bentuk jadi tiba di Indonesia hari ini (30/4/2021). Vaksin ini akan digunakan untuk melawan Covid-19 di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengungkapkan hal ini sebagai bentuk konsisten pemerintah dalam memenuhi pasokan vaksin dalam negeri secara bertahap di tengah situasi adanya perlombaan negara di dunia mendapatkan vaksin Covid-19.

"Vaksinasi nasional adalah salah satu upaya kita dalam mencari atau mencapai kekebalan kelompok herd immunity. di saat bersamaan pemerintah akan terus melakukan 3T testing tracing dan treatment. Masyarakat diharapkan terus melakukan disiplin protokol kesehatan 3M," ujarnya dalam konferensi pers digital di Jakarta, Jumat (30/4/2021).


Johnny Plate menambahkan untuk melawan Covid-19 Indonesia harus bersama-sama dan bersatu agar kejadian gelombang Covid-19 kedua dan ketiga yang terjadi di negara lain tidak terjadi di Indonesia.

"Meski vaksinasi dilakukan kita tidak boleh lengah. Kita harus tetap disiplin melakukan protokol kesehatan untuk keselamatan masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Untuk itu, Johnny Plate pun mengingatkan Surat Edaran Satgas Covid-19 No.13 tahun 20210 yang meniadakan mudik hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada 6-17 Mei 2021 dan Adendum Surat Edaran Satgas Covid-19 berupa pengetatan perjalanan dalam negeri selama dua pekan sebelum dan satu pekan sudah pelarangan mudik Idul Fitri.

"Upaya-upaya ini diharapkan tidak hanya memutus rantai Covid-19, tetapi mampu mengantisipasi potensi peningkatan penularan kasus antar daerah," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading