Sri Mulyani: Pandemi Covid-19 Picu Hijrah ke Digital

Tech - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
23 April 2021 15:27
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Sarasehan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional (tangkapan Layar Youtube Jasa Keuangan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah membuat seluruh dunia hijrah ke platform digital. Hal ini tentunya harus dimanfaatkan untuk mempercepat ekonomi Indonesia.

Hal tersebut merupakan hal yang positif mengingat ekonomi digital memiliki potensi yang besar. Ini merupakan solusi bertahap menjadi digital.

"Dengan adanya Covid-19, dipaksa seluruh dunia itu pindah ke platform digital karena pertemuan fisik dibatasi dan ini menjadi sesuatu keharusan. Covid-19 mentranformasi, kalau pakai bahasa Islam, menghijrahkan seluruh kegiatan orang dan teknologi digital menjadi solusi," ujar Sri Mulyani pada acara Discuss She 'Perempuan Penggerak Ekonomi Di Masa Pandemi, Jumat, 23 April 2021.

Ia menuturkan bahwa transformasi ekonomi menuju digital memang harus dicapai banyak negara, termasuk Indonesia. Meski demikian, hal tersebut masih berjalan lambat karena terbatasnya infrastruktur dan akses internet ke pelosok tanah air.

Ani sapaan akrbanya juga menyebut bahwa ada banyak kebijakan yang dibuat untuk mencapai potensi ekonomi digital yang sangat besar di masa depan.

Saat ini masih ada 12.377 lokasi di Indonesia yang belum mendapat akses internet, mulai dari desa, puskesmas, hingga sekolah. Maka dari itu, pemerintah berusaha mempercepat pembangunan infrastruktur dan jaringan internet.

Tak cuma itu, pemerintah juga memberikan dukungan anggaran untuk mengakses internet dari infrastruktur yang sudah dibangun. Misalnya, memberi dana desa hingga anggaran operasional kesehatan ke puskesmas.

"Jadi semua ini dialokasikan untuk bisa bayar akses internet, sehingga mereka bisa terjangkau dengan berbagai infrastruktur yang sedang dibangun dan akan dibangun," papar dia.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading