Apple Rilis iOS 14.5 Minggu Depan, Facebook Tak Happy

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 April 2021 09:44
iPhone 12 Pro (Apple)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembaruan sistem operasi iPhone, iOS 14.5 akan dirilis minggu depan. Salah satu sorotan fitur baru adalah ATT atau App Tracking Transparency, yang membuat aplikasi seperti Facebook tidak senang.

Informasi iOS 14.5 diumumkan langsung oleh Apple dalam acara peluncuran produk pertamanya tahun ini Selasa malam tadi.

Fitur ATT akan memunculkan pop-up notifikasi saat pengguna membuka aplikasi yang ingin mengakses ID perangkat atau Pengenal untuk Pengiklan (IDFA). Pesan yang muncul akan menanyakan apakah pengguna ingin dilacak dan memberikan mereka pilihan.


ATT sempat menjadi perdebatan oleh perusahaan yang mengandalkan iklan secara online. Khususnya Facebook yang mengatakan perubahan tersebut akan mengurangi keefektifan dan profitability dari iklan bertarget.

Raksasa media sosial itu juga mengungkapkan fitur baru dalam iOS akan mengacaukan bisnis perikanan secara online, dikutip CNBC Internasional, Rabu (21/4/2021).

Toh, Apple tetap tidak bergeming. Sebab perusahaan menegaskan siap menghapus aplikasi yang tidak mengikuti kebijakan baru.

Dalam unggahan di blog resminya, Apple mengatakan seluruh aplikasi yang masuk mulai 26 April harus sudah mendukung ATT.

Selain ATT, iOS 14.5 juga membawa fitur lain seperti emoji vaksin yang didesain ulang, fitur untuk membuka kunci iPhone dengan cepat saat menggunakan masker dan suara baru dari Siri.

Dalam gelaran tadi malam, Apple juga meluncurkan sejumlah produk anyar. Misalnya saja iMac dan iPad Pro yang didukung 5G serta chip M1.

Selain itu juga perangkat pelacakan barang bernama AirTag serta Apple TV 4K yang memiliki remote baru. iPhone 12 juga diumumkan punya varian warna baru yakni ungu.

Sayangnya, para investor nampaknya tidak terkesan dengan produk-produk baru Apple. Saham perusahaan malah turun 2% setelah acara usai.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading