Usai Caplok GoPay, PayPal Garap Pasar Dompet Digital China

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
20 April 2021 09:29
FILE PHOTO: The PayPal logo is seen at a high-tech park in Beersheba, southern Israel August 28, 2017.   REUTERS/Amir Cohen/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - PayPal berencana ekspansi ke pasar China dengan menyiapkan dompet digital lokal yang berfokus pada pembayaran lintas negara. Rencana ini diungkap langsung oleh Hannah Wui, CEO PayPal China.

Dompet digital lokal untuk pembayaran lintas negara ini merupakan strategi PayPal untuk tidak bersaing langsung dengan pemain dominan di pasar domestik China, Alipay dan WeChat Pay.

"Bisnis masa depan kami terutama pada transaksi lintas negara. Nilai kami lebih kepada luar negeri. Di pasar luar negeri, kami memiliki 377 juta lebih pengguna individu dan lebih dari 20 juta pengguna korporat," ujat Hannah Qui menjelaskan strategi perusahaan.


"Kami memiliki jaringan pengguna yang besar. Jadi, yang perlu kami lakukan adalah membangun jembatan, membawa produk China yang bagus ke luar negeri dan membawa produk luar negeri yang bagus kembali ke China," terang Hannah Qui, seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (20/4/2021).

Hannah Qui juga memastikan PayPal tidak akan bersaing dengan Alipay dan WeChat Pay dalam bisnis dompet digital di China.

"Kami tidak memiliki persaingan langsung dengan perusahaan pembayaran lokal. Sebaliknya kami memiliki banyak kerja sama dengan mereka. Saya tidak menyebut nama perusahaan, tetapi kami memiliki kerja sama yang sangat dalam dengan beberapa perusahaan lokal," terang Hannah Qui.

WeChat Pay dan Alipay, yang terafiliasi dengan Alibaba, mendominasi pembayaran digital CHina. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membayar barang dan jasa yang dibeli secara online ataupun di toko konvensional.

Menurut data National Enterprise Credit Information Publicity System, PayPal sudah memiliki 100% saham Guofubao Information Technology Co pada 31 Desember 2020. Perusahaan teknologi ini memiliki dompet digital dengan nama GoPay.

PayPal menjadi perusahaan asing pertama yang memiliki perusahaan dompet digital lokal China. Namun hingga kini PayPal masih bungkam soal rencana perusahaan akan GoPay China.


[Gambas:Video CNBC]

(sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading