Jreng! AS Beraksi, Negara Ini akan Blokir Teknologi 5G Huawei

Tech - roy, CNBC Indonesia
16 April 2021 04:50
FILE PHOTO: Small toy figures are seen in front of a displayed Huawei and 5G network logo in this illustration picture, March 30, 2019. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Rumania pada Kamis (14/4/2021) menyetujui RUU yang didukung Amerika Serikat yang secara efektif melarang China dan Huawei untuk mengambil bagian dalam pengembangan jaringan 5G di negara itu.

Eropa telah muncul sebagai medan pertempuran dalam teknologi yang dimainkan antara China dan Washington dan pesaing Huawei di Eropa, Ericsson dan Nokia. Kedua perusahaan ini dapat menjadi duopoli pemasok jika akses perusahaan China ditutup.

"Pemerintah baru saja menyetujui rancangan undang-undang yang sangat penting bagi Rumania, menyegel memorandum 2019 yang ditandatangani di Washington, yang berarti bahwa China dan Huawei dikesampingkan dari segala kemungkinan kemitraan 5G," kata Pavel Popescu, anggota Kamar Dagang Rumania seperti dikutip dari Reuters Jumat (16/4/2021).


Rumania adalah sekutu setia Washington bahkan sebelum bergabung dengan Organisasi Perjanjian Atlantik Utara pada tahun 2004. Washington melihat Huawei sebagai bagian dari mesin pengawasan global Partai Komunis China.

Huawei, yang memainkan peran utama saat dunia telekomunikasi bersiap untuk teknologi nirkabel generasi berikutnya, telah berulang kali membantah melakukan kegiatan mata-mata untuk China.

RUU yang disetujui itu mencerminkan memorandum AS, dan sikap Dewan Pertahanan Tertinggi Rumania. Popescu berkata: "Keamanan nasional adalah tujuan utama, dan melindungi data pribadi generasi masa depan Rumania sangatlah penting."

Dapam aturan itu setiap vendor harus menyebutkan apakah perusahaan tunduk pada kontrol pemerintah asing, memiliki struktur kepemilikan yang transparan, dan tunduk pada aturan hukum yang menerapkan praktik perusahaan yang transparan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading