Ridwan Kamil Soal Bukit Algoritma: Jangan Cuma Jadi Gimmick!

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
12 April 2021 21:00
Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) resmi menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas untuk pertama kalinya. Hari ini, Selasa (29/12) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi menyerahkan tiga unit mobil listrik kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil. Ketiga mobil tersebut adalah 2 unit IONIQ Electric dan 1 unit KONA Electric. (Dok: Istimewa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil angkat suara perihal mega proyek Bukit Algoritma yang disebut-sebut bakal menjadi Silicon Valley Indonesia. Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, ada sejumlah syarat di balik kesuksesan Silicon Valley di Amerika Serikat (AS).

"Kenapa Silicon Valley sukses? Saya kasih tahu, karena di sana ada kumpulan universitas berdekatan dengan kumpulan industri, berkumpul dengan institusi finansial. Kalau tiga poin tadi tidak hadir dalam satu titik, yang namanya istilah Silicon Valley itu hanya 'gimmick-branding' saja," katanya di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (12/4/2021).



"Tapi kalau bisa membuktikan tiga komponen itu hadir, ada universitas untuk riset, ada industri yang mengambil riset jadi barang, jadi inovasi dan ada pembiayaannya ada investor. Ada macam-macam," lanjutnya.

Meski begitu, Kang Emil mendukung upaya dari perusahaan pelat merah PT Amarta Karya (Persero), PT Bintang Raya Lokalestari, dan Kiniku Bintang Raya KSO tersebut.

"Niatnya saya respons, saya dukung, tapi hati-hati kepada semua orang yang sedikit-sedikit bilang mau bilang bikin Silicon Valley, ukurannya ada tiga yang tadi," ujarnya.

Simak berita selengkapnya >>> Klik di sini



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading