Fitur WhatsApp Ini akan Bikin Happy Pengguna iPhone & Android

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 April 2021 19:35
FILE PHOTO: The WhatsApp app logo is seen on a smartphone in this picture illustration taken September 15, 2017. REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna WhatsApp akan segera bisa memindahkan riwayat chat antar sistem operasi dengan mudah. Jadi pengguna Android yang mengganti perangkatnya menjadi iOS dan sebaliknya akan segera bisa memindahkannya tanpa bantuan pihak ketiga.

WhatsApp dikabarkan segera menghadirkan fitur migrasi chat itu. Platform pesan tersebut sekarang sedang melakukan pengujian fitur tersebut.

Laporan dari WABetaInfo, fitur ini akan diluncurkan pada pembaruan WhatsApp mendatang. Namun memang sampai sekarang belum ada kejelasan kapan fitur akan resmi dirilis.


Dalam laporan tersebut disertakan tangkapan layar untuk WhatsApp versi iOS. Di sana terlihat pop-up notifikasi yang meminta aplikasi untuk diupgrade ke versi terbaru dalam rangka memindahkan riwayat chat ke perangkat Android.

Melansir Gadgets NDTV, saat pengguna berusaha untuk menghubungkan perangkat dengan sistem operasi yang berbeda, aplikasi harus diperbarui ke versi terbaru. Hal ini menghindari adanya masalah kompatibilitas dengan versi Android, dikutip Selasa (6/4/2021).

Rencana ini sejalan dengan WhatsApp yang menyebutkan aplikasi pihak ketiga untuk memindahkan chat history melanggar aturan Terms of Service platform tersebut.

Fitur migrasi chat itu merupakan bagian dari pekerjaan WhatsApp untuk membangun fungsi multi-perangkat pada platform. Sebelumnya pada tahun lalu, WABetaInfo juga melaporkan anak usaha Facebook itu sedang mengembangkan fitur untuk sinkronisasi riwayat pesan lintas platform.

Selain sinkronisasi lintas platform, WhatsApp juga dikabarkan sedang mengerjakan fitur penting di WhatsApp Web. Platform yang bisa digunakan dalam browser tersebut akan bisa digunakan tanpa ponsel yang terhubung dengan internet.

Informasi ini berasal dari WABetaInfo, yang mengunggah tangkapan layar tampilan WhatsApp Web Beta dengan fitur baru tersebut.

Sebelumnya fitur dilaporkan sudah terlihat untuk WhatsApp versi Android. Kabarnya sedang dikembangkan untuk perangkat iOS juga.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading