Prediksi Luhut: Herd Immunity Covid Bali Tercapai Juli 2021

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
29 March 2021 11:22
Around two thousand Balinese Hindu women perform the Tenun dance in an attempt to break an Indonesian record at the closing ceremony of the Petitenget Festival, Bali, Indonesia, September 16 2018. REUTERS/Nyimas Laula

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berharap bulan Juli kekebalan kelompok sudah terbentuk. Sehingga pintu masuk untuk wisatawan asing bisa segara di buka.

"Tapi peraturan itu lagi kita evaluasi karena sekarang ini kita upayakan sampai bulan depan kita sudah bisa melakukan vaksinasi kepada 1,8 juta orang atau dekat 2 juta. Bulan April - Mei kita bisa tambah 1 juta orang, sehingga bulan Juli harapan kami sudah terbentuk herd immunity dan Bali jadi green zone," kata Luhut dalam Siaran Pers, dikutip Senin (29/3/2021).

Dengan terbentuknya kekebalan kelompok dia berharap Bali dapat segera membuka akses wisatawan asing, meskipun wisatawan domestik juga didorong penambahannya. Luhut mengatakan pemerintah membuat kebijakan untuk melakukan diversifikasi ekonomi agar ekonomi Bali lebih tahan terhadap goncangan.


Makanya pemerintah juga tengah mempersiapkan kebijakan jangka pendek dan menengah di sektor ini. Pemerintah juga mulai mengkaji pemberlakuan visa 5 tahun bagi warga negara asing.

"Setelah kita melakukan kajian, kita akan memberlakukan kebijakan ini dalam waktu dekat supaya dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata misalnya dengan adanya work from Bali," pungkasnya.

Deputi Gubernur BI Dodi Budi Waluyo mengatakan bahwa Bank Indonesia BI melihat prospek ekonomi sektor pariwisata akan membaik pada tahun 2021. Optimisme terbentuk dari vaksinasi nasional.

Dodi memperkirakan bahwa dengan strategi vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah saat ini dalam kuartal pertama tahun 2022 akan terbentuk imunitas kelompok.

"BI berkomitmen untuk membantu mempromosikan investasi, perdagangan dan sektor pariwisata," sambungnya.

Gubernur Bali Wayan Koster berharap pada bulan Juli 2021, ada 2,5 juta - 4,5 juta penduduk bali yang sudah divaksin. Sehingga pada bulan itu dapat menerima kunjungan dari wisatawan manca negara.

Jajarannya sudah menyiapkan tiga zona hijau yang diplot sebagai area bebas Covid-19 yakni Ubud, Nusa Dua, dan Sanur. Ditarget ketiga daerah itu selesai pada April 2021, sehingga dapat menerima wisman pada bulan Juli.




[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading