Bahaya! Delete Segera PDF Format Ini Atau Diserang Virus

Tech - roy, CNBC Indonesia
22 March 2021 08:09
Business women signature at document. Selective focus and soft flare filter.

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika kamu sering menggunakan Portable Document Format atau PDF waspadalah bila mendapatkan format dokumen berakhiran *.exe karena itu kemungkinan virus.

Hal diungkapkan oleh Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Mabes Polri melalui akun twitter resminya, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (22/3/2021).

"Tahukah kamu? Jika kalian mengunduh file 'PDF' dan menghasilkan file yang berbentuk 'exe'. Segera hapus karena itu adalah virus," tulis akun SiberPolri.


Format dokumen berakhiran PDF *.exe adalah file berkas palsu. Sebab, format dokumen PDF yang asli akan berakhiran *.pdf. Jadi bila menemukan PDF berakhiran *.exe jangan dibuka dan segera dihapus.

Virus yang masuk ke perangkat bisa saja akan merusak merusak perangkat yang kamu gunakan atau mencuri data pribadi pemilik perangkat atau bahkan mengambilalih perangkat yang digunakan. Jadi Waspadalah.

Informasi saja PDF dikembangkan oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Kini PDF sudah menjadi standar ISO dengan kode kode 32000-1:2008 sejak Juli 2008.

Banyak orang yang memilih PDF karena lebih ringan dari file Microsoft Word dan memori yang lebih kecil, jadi lebih ringan dan lebih ringkas ketika dikirimkan melalui email.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading