Internasional

Jreng! Xi Jinping Hukum Jack Ma Lagi, Browser Alibaba Dihapus

Tech - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
17 March 2021 06:50
Jack Ma. (AP/Firdia Lisnawati)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar buruk bagi bisnis Jack Ma. Browser internet milik Alibaba, UC Browser, kini dihapus dari beberapa toko aplikasi di China.

Ini terjadi sehari setelah Presiden China Xi Jinping mengumumkan akan memulai tindakan keras terhadap perusahaan besar teknologi. Browser Alibaba itu telah dihapus dari toko aplikasi yang dioperasikan Huawei dan Xiomi.


Meski demikian, tulis CNBC International, beberapa sumber di China mengaku masih melihat UC Browser di aplikasi toko online Samsung. Aplikasi itu juga masih tersedia di App Store Apple.

Dalam lamannya, The Financial Times menulis hal ini terjadi setelah UC Browser menerima kritikan soal iklan medis menyesatkan di sebuah acara TV. Ini kemudian dimuat CCTV, lembaga penyiaran milik negara.

Juru Bicara UC Browser mengatakan akan melakukan koreksi. Perusahaan mengatakan konten iklan ilegal telah dihapus.

"Dengan cepat akan melakukan serangkaian tindakan untuk memeriksa dan memperbaiki," ujar UC Browser dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan lebih meningkatkan tinjauan konten dan memikul lebih banyak tanggung jawab, dan memberikan layanan info yang baik dengan standar yang lebih ketat."

Senin (15/3/2021), Xi Jinping mengatakan tindakan keras Beijing ke perusahaan teknologi besar baru saja dimulai. Menurutnya pengembangan sejumlah perusahaan platform tidak sesuai standar.

"Ada risiko," tegasnya.

Sebelumnya regulator China memblokir IPO senilai US$ 37 miliar perusahaan kelompok Alibaba Ant Group, November 2020. Jack Ma tak pernah terlihat di depan umum sejak saat itu.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading