Awas Penipuan! Bantuan BPJS Kesehatan Rp 3,55 Juta Itu Hoax

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
15 March 2021 17:02
Infografis/Awas Dibobol Hacker Jangan Pakai  10 Password Buruk Ini

Jakarta, CNBC Indonesia- Belakangan beredar kabar bahwa pekerja antara tahun 2000 dan 2021 bisa mendapatkan bantuan sosial finansial sebesar Rp 3.550 dari BPJS Kesehatan. Bahkan dalam pesan yang beredar tersebut disertakan tautan untuk mengecek daftar bantuan tersebut.

Bunyi pesan tersebut : Mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021 berhak menerima bantuan sosial finansial sebesar Rp 3.550.000. Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat. Daftar lengkap https://bpjs.club/bantuan/?bpjs.

"Ini dipastikan hoax. Semua informasi hoax harus dilawan bersama," kata Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma'ruf saat dihubungi CNBC Indonesia, Senin (15/03/2021).


Dia menegaskan BPJS Kesehatan menggunakan website khusus dan saluran kanal informasi yang diumumkan secara luas sebagai kanal resmi BPJS Kesehatan. Dengan begitu jika ada pengumuman di luar kanal resmi BPJS Kesehatan dia memastikan kabar tersebut tidak benar.

Pihaknya juga terus bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika(Kominfo), untuk menutup website atau kanal-kanal tidak resmi yang memberikan informasi palsu yang bisa merugikan masyarakat.

"Tentu kami selalu melaporkan ke Kominfo. Mereka (Kominfo) juga secara proaktif menyatakan berita itu hoax dalam laman mereka," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading