WHO: Tak Ada Alasan Tak Pakai Vaksin AstraZeneca

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
12 March 2021 19:00
WHO

Jakarta, CNBC IndonesiaOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan tidak ada alasan untuk menghentikan penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca. Pernyataan WHO dirilis setelah beberapa negara Eropa menangguhkan vaksinasi Covid-19 dengan menggunakan produk tersebut akibat isu keamanan.

"Ya, kita harus terus menggunakan vaksin AstraZeneca," ujar Juru Bicara WHO Margaret Harris kepada wartawan seperti dilansir AFP, Jumat (12/3/2021). "Tidak ada indikasi untuk tidak menggunakannya," lanjut Harris.

Sebagaimana diberitakan, sejumlah negara Eropa memutuskan untuk menangguhkan penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca. Terbaru adalah Bulgaria yang mengikuti jejak tiga negara Eropa lainnya, yaitu Denmark, Islandia, dan Norwegia.



"Saya memerintahkan penghentian vaksinasi dengan vaksin AstraZeneca sampai European Medicines Agency menghentikan semua keraguan perihal keamanannya," ujar PM Bulgaria Boyko Borisov seperti dikutip AFP, Jumat (12/3/2021).

Sebelumnya, Denmark, Islandia, dan Norwergia, menangguhkan penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca. Alasan ketiga negara itu terkait dengan laporan pembekuan darah di beberapa orang selepas divaksinasi.

Sebelumnya, Austria juga menyetop penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca saat menyelidiki kasus kematian akibat gangguan koagulasi dan penyakit emboli paru. Namun, EMA menyebut vaksin Covid-19 AstraZeneca memiliki lebih besar manfaat daripada risiko, sehingga vaksinasi perlu terus dilanjutkan.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading