Top! Indonesia akan dapat 11 juta vaksin Gratis dari WHO

Tech - Novina Putri Bestari & Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
08 March 2021 19:03
Vaksin AstraZeneca. (AP/Christophe Ena)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia dilaporkan akan mendapat 11 juta vaksin Covid-19 yang akan diberikan melalui skema multilateral COVAX yang diadakan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Hal ini disampaikan oleh menteri luar negeri (menlu) Retno Marsudi saat menyambut batch pertama pengiriman vaksin AstraZeneca yang didapat melalui skema COVAX-WHO sebanyak 1,1 juta unit pada Senin (8/3/2021) sore.

"Dalam batch pertama Indonesia menerima 11.704.800 dan pengiriman akan dilakukan hingga mei 2021 dan akan diikuti batch selanjutnya," ucap menteri yang juga mantan duta besar Indonesia untuk Belanda ini


Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk para pihak yang melancarkan proses pengiriman ini.

"Vaksin dari jalur multilateral ini tidak terlepas dari kerjasama antara kementerian dan lembaga terkait di Indonesia dan kerjasama dengan berbagai pihak internasional, donor, GAVI, WHO, UNICEF, CEPI, Dan lain-lain, untuk itu kami sampaikan apresiasi tinggi atas kerjasama yang diberikan," tambahnya.

Sementara itu perwakilan WHO di Indonesia, Dr N. Paranietharan, juga mengungkapkan pujiannya kepada Indonesia yang telah aktif dalam mengkampanyekan vaksinasi di dalam negerinya dan di dunia. Perlu diketahui, menlu Retno merupakan salah satu Co-Chair dari COVAC AMC engagement, yang mengurusi program pemerataan vaksin.

"Indonesia telah mengambil inisiatif untuk program vaksin dan ini satu dari beberapa negara berkembang yg memulai vaksinasi yang menunjukkan contoh leadership di level nasional," pujinya.

Tak hanya WHO, sayap PBB untuk anak-anak, UNICEF, juga menyampaikan bahwa pihaknya bersama pemerintah Indonesia akan terus berkomitmen melancarkan program vaksinasi nasional agar Indonesia dapat kembali ke hidup normal.

"Kami memutuskan akan memberikan dukungan yg diperlukan untuk menghilangkan pandemi sehingga anak-anak bisa kembali ke kehidupan normal," tandas Debora Comini, perwakilan UNICEF di Indonesia.

Nantinya dalam skema COVAX ini akan sediakan sedikitnya vaksin pada 20% penduduk Indonesia. Berdasarkan sensus 2020, jumlah itu setara dengan 54 juta orang. Artinya setidaknya COVAX akan memasok 108 juta dosis vaksin Covid-19.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading