Ramai-ramai Kloningan Clubhouse, Terbaru Instagram

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 March 2021 13:05
The icon for the social media app Clubhouse is seen on a smartphone screen in Beijing, Tuesday, Feb. 9, 2021. Chinese authorities are blocking access to Clubhouse, a social media app that allowed users in China to discuss sensitive topics with people abroad including Taiwan and treatment of the country’s Muslim minority. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah perusahaan besar ramai-ramai membuat aplikasi dan fitur percakapan berbasis audio seperti Clubhouse. Tak terkecuali Instagram yang dikabarkan juga bersiap fitur serupa di platformnya.

Kabar ini tak begitu mengejutkan sebab Facebook beberapa kali membuat Kloningan dari jaringan sosial yang sedang populer. Menurut laporan reverse engineer, Alessandro Paluzzi melaporkan Instagram segera memiliki layanan seperti Clubhouse, dikutip Mspoweruser, Senin (8/1/2021).

Alessandro Paluzzi hanya menuliskan Instagram sedang mengerjakan layanan audio. Dia juga mengunggah tampilan layanan itu nantinya.


Dalam tampilan terlihat jika layanan bisa diakses di fitur chat. Jika saat ini hanya ada menu video dan text chat, namun akan ada tambahan audio yang sepertinya diwakili oleh ikon microphone di bagian atas layar.

Selain kehadiran fitur audio-chat, dia juga menyebutkan Instagram sedang mengerjakan end-to-end encryption untuk layanan chatnya. Fitur ini akan membantu mengatasi masalah kepercayaan privasi pada induk perusahaan Facebook selama beberapa waktu terakhir.

Infografis: Halo Clubhouse User, Baca Ini Dulu Agar Tak Ada Kesal di HatiInfografis: Halo Clubhouse User, Baca Ini Dulu Agar Tak Ada Kesal di Hati/Arie Pratama

Sebelumnya, sejumlah perusahaan berusaha membuat layanan serupa seperti Clubhouse. Sebut saja induk Tiktok, ByteDance yang dikabarkan akan membuat aplikasi serupa.

Menurut sumber, ByteDance masih dalam tahap awal untuk mengembangkan aplikasi Kloningan Clubhouse tersebut. Sayangnya ByteDance menolak untuk berkomentar kabar tersebut.

Sementara itu Twitter juga meluncurkan fitur Space yang minggu lalu diluncurkan untuk pengguna Android. Pada Januari lalu, Twitter telah memperkenalkan versi terbatas Space untuk pengguna iOS.

Untuk menggunakan Space, Twitter baru memperbolehkan beberapa pengguna saja untuk menjadi host dalam room percakapan. Juru bicara Twitter menyatakan pengguna Android dan iOS segera dapat memulai dan mendengarkan percakapan di Space.

Terakhir ada Xiaomi yang membangkitkan aplikasi lamanya yang telah dimatikan sebelumnya. Mi Talks baru ini akan hadir kembali dan menjadi layanan audio-chat, serta akan menyasar pengguna profesional.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading