Sinovac Ternyata Tak Mempan Lawan Corona Asal Brasil

Tech - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
06 March 2021 21:04
Brasil akhirnya menyetujui penggunaan darurat vaksin corona China Sinovac Biotech Ltd. (AP/Carla Carniel)

Jakarta, CNBC Indonesia - Virus Corona asal China atau Covid-19 belum terselesaikan. Namun, saat ini sudah muncul lagi virus Corona baru, salah satunya asal Brasil.

Semakin banyaknya jenis virus Corona yang muncul, para peneliti pun melakukan penelitian apakah vaksin yang ada saat ini mampu untuk menciptakan kekebalan akan virus baru ini.

Tim dari Universitas Sao Paulo, Fakultas Kedokteran Universitas Washington dan sejumlah institusi pun melakukan penelitian di Brasil. Hasilnya menemukan bahwa vaksin virus Corona yang digunakan saat ini yakni Sinovac tidak ampuh melawan virus di negara tersebut.

Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel plasma dari beberapa orang yang telah disuntik vaksin Sinovac. Hasilnya, Sinovac gagal menetralkan virus Corona Brasil.

"Hasil menunjukkan virus P1 berhasil kabur dari antibodi penetral yang diinduksi oleh Coronavac," dikutip dari Reuters, Sabtu (6/3/2021).

Penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang telah divaksin masih bisa terinfeksi virus lain.

Terkait hasil penelitian ini, pihak Sinovac belum memberikan komentar. Sehingga belum diketahui apakah nantinya vaksin Sinovac kedepannya bisa dikembangkan untuk mampu menciptakan kekebalan akan jenis baru virus Corona ini.





[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading