Jokowi Sentil e-Commerce, Ini Kata Tokopedia, Shopee, Lazada

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 March 2021 20:15
Desain : Freepik.com

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah eCommerce memastikan dukungannya untuk keberadaan produk lokal dalam platformnya masing-masing.Ini sebagai respons atas kritikan Presiden Joko Widodo yang mengendus ada praktik tak benar di perdagangan digital yang berpotensi membunuh UMKM.

Executive Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk menumbuhkan UMKM. Dia menyebutkan jika UMKM jadi penobang bisnis perusahaannya.

"Bisa saya pastikan terkait ini program Shopee sejalan beriringan dengan visi misi pemerintah terutama dalam mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia dan mendorong ekspor UMKM," ujar Handhika kepada CNBC Indonesia, Kamis (4/3/2021).


Dia mengatakan Shopee juga telah melakukan sejumlah program dan inovasi yang betujuan untuk menguatkan pelaku UMKM hingga memasarkannya ke luar Indonesia.

Sementara itu External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan lebih dari 10 juta penjual ada di Tokopedia. Diantara jumlah itu hampir 100% merupakan UMKM dan 94% berskala ultra mikro.

Dia mengatakan jumlah itu meningkat 2,8 juta dari data Januari 2020 atau sebelum pandemi menyerang di Indonesia.

Ekhel menambahkan jika Tokopedia terus melakukan program untuk mendukung produk lokal Indonesia. Termasuk juga selama pandemi berlangsung.

"Tokopedia, dalam merespon pandemi sekaligus mendukung sebanyak-banyaknya UMKM lokal, telah mengupayakan sejumlah inisiatif," ungkapnya.

Hal yang sama juga dikatakan Head of Public Policy and Government Affairs, Lazada Indonesia, Waizly Darwin. Menurutnya pihak Lazada juga memiliki misi untuk menumbuhkan UMKM di Asia Tenggara.

"Studi Lazada yang kami lakukan pada akhir tahun lalu mengungkapkan bahwa hanya 13% UMKM di Indonesia yang sudah terdigitalisasi, dan memang menjadi salah satu misi Lazada untuk mempercepat pertumbuhan UMKM di Asia Tenggara melalui inklusi bisnis-bisnis lokal di negara dimana Lazada beroperasi," jelasnya.

Waizly mengatakan jika perdagangan online masih punya potensi besar untuk pelaku usaha di Indonesia. Keberadaan ecommerce bisa membantu inklusi digital UMKM Indonesia semakin cepat.

"Dengan segala teknologi dan sumber daya yang kami miliki, Lazada berkomitmen untuk terus memberdayakan penjual lokal agar bisa terus berkembang dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia," jelasnya.

Dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan di Istana Negara, Jokowi mengaku telah mengendus adanya praktik perdagangan digital yang berpotensi membunuh pelaku UMKM domestik.

"Baru minggu kemarin saya sudah sampaikan ke pak Menteri Perdagangan ini ada yang engak bener ini di perdagangan digital kita. Membunuh UMKM," tegas Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading