Lisensi Kakao M Habis, Ratusan Lagu K-Pop Hilang dari Spotify

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 March 2021 10:39
Spotify

Jakarta, CNBC Indonesia - Penikmat musik bakal tak bisa lagi menemukan beberapa lagu dari sederet artis K-Pop seperti IU, Zico, SEVENTEEN dan yang lainnya di Spotify. Ini karena lisensi bersama Kakao M dengan Spotify berakhir dan sejak 1 Maret 2021 lagu itu menghilang dari Platform berbagi musik itu.

Kakao M merupakan salah satu perusahaan co-publisher terbesar di Korea Selatan saat ini. Perusahaan ini bertindak sebagai label rekaman, perusahaan produksi musik hingga penerbit musik.

Kakao M mendistribusikan sebagai besar musik populer Korea Selatan. Sebanyak 37,5% lagu yang tampil di Top 400 Yearly Song Chart 2020 dari Gaon Music Chart berada di kelola oleh perusahaan ini.


"Kami telah bekerja dengan Kakao M selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global, sehingga musik artis mereka akan tetap tersedia bagi 345 juta lebih pendengar Spotify di hampir 170 pasar di seluruh dunia," ungkap Spotify sepeti dikutip dari NME, Senin (1/3/2021).

"Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir."

"Fakta bahwa kami belum mencapai kesepakatan tentang kesepakatan global baru sangat disayangkan untuk artis mereka, serta untuk penggemar dan pendengar di seluruh dunia. Kami berharap gangguan ini bersifat sementara dan kami dapat segera menyelesaikan situasi tersebut. Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan pemegang hak lokal termasuk Kakao M, untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan. "

Perusahaan induk Kakao M juga memiliki dan mengoperasikan layanan streaming MelOn, salah satu platform musik digital teratas di Korea Selatan.

Salah satu artis K-Pop Tablo Epik High mengungkapkan kekesalannya di twitter atas tak tercapainya kesepakatan antara kedua perusahaan yang disebutnya membuat seniman dan penggemar menjadi korban.

"Rupanya ketidaksepakatan antara distributor kami Kakao M & Spotify telah membuat album baru kami Epik High Is Here tidak tersedia secara global bertentangan dengan keinginan kami," tulisnya.

"Terlepas dari siapa yang salah, mengapa selalu seniman dan penggemarnya yang menderita ketika bisnis menempatkan keserakahan daripada seni?"


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading