Fitur Baru Telegram Android & iPhone: Hapus Pesan Otomatis

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 February 2021 16:10
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Telegram logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Telegram baru saja meluncurkan pembaruan aplikasinya. Update versi 7.5.0 tersedia untuk pengguna Telegram untuk Android dan iOS.

Membawa sederet fitur baru, beberapa diantaranya adalah pesan auto-delete dan widget baru. Pada fitur auto delete, pengguna memiliki pilihan waktu menghapus otomatis pesan antara 24 jam dan 7 hari.

Untuk mengaktifkannya pilih simbol titik tiga lalu klik Clear History dan terakhir tekan Select duration pada setiap chat. Nantinya setelah fitur diaktifkan, pengguna bisa melihat hitung mundur waktu penghapus pesan, dikutip Android Police, Kamis (25/2/2021).


Agak berbeda dengan chat personal, pada obrolan grup tidak semua dapat mengaktifkan fitur auto delete. Fitur itu hanya bisa digunakan oleh admin grup.

Pengguna Android juga mendapatkan dua widget baru. Chat Widget untuk melihat preview pesan terbaru dan Shortcut Widget yang hanya menampilkan nama dan profile picture saja.

Selain itu Telegram juga mengembangkan cara mengundang pengguna pada grup. Sekarang invite link bisa diubah ke QR Code dan dapat dipindai oleh pengguna.

Invite link juga bisa disetel bisa digunakan dalam waktu tertentu saja. Pengguna juga bisa melihat akun mana saja yang bergabung dengan link.

Chat Grup juga mengalami pembaruan. Bagi grup yang telah memiliki 200 ribu pengguna dapat mengkonversinya untuk Broadcast Group pada jumlah tertentu saja.

Selain itu, sistem Chat Import dan Reporting System juga telah ditingkatkan oleh Telegram dalam pembaruannya kali ini.

Beberapa fungsi dari undangan QR Code hingga sistem pelaporan telah tersedia pada Telegram Versi Beta. Misalnya pengguna dapat melaporkan moderator grup untuk spam, kekerasan, pelecehan anak, pornografi, atau lainnya.

Selain untuk moderator, sistem pelaporan juga ditingkatkan dengan membekali pengguna kemampuan melaporkan beberapa unggahan sekaligus.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading