Prakerja Gelombang 12 Dibuka, Berapa Kuota Pesertanya?

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
24 February 2021 13:09
Kartu Prakerja

Jakarta, CNBC Indonesia - Program Prakerja gelombang 12 resmi dibuka. Kalian yang tertarik bisa mendaftar di situs prakerja.go.id. Berapa kuota penerimanya?

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan hingga semester I-2021, ditargetkan jumlah peserta mencapai 2,7 juta dengan total anggaran Rp 10 triliun.

"Gelombang 12 akan dibuka dengan kuota 600.000 peserta," ujar Airlangga seperti dikutip Rabu (24/2/2021).


Airlangga mengungkapkan konsep Prakerja tahun 2021 sama dengan tahun sebelumnya di mana program ini menggabungkan antara pelatihan untuk mempersiapkan peserta memasuki dunia kerja dan bantuan sosial.

Setiap peserta akan mendapatkan manfaat Rp 3,55 juta. Perinciannya: sebesar Rp 1 juta untuk pelatihan, Sebesar Rp 2,4 juta insentif uang tunai yang akan dibagikan secara bertahap dalam empat bulan, dan upah mengisi tiga survei sebesar Rp 150 ribu.

Peserta akan mendapatkan insentif Rp 2,4 juta setelah lulus pelatihan dan mendapatkan sertifikat. Kepesertaan juga bisa hangus jika sebulan setelah mendapatkan pemberitahuan tidak membeli paket pelatihan.

Menko menjelaskan bahwa persyaratan untuk dapat menerima Kartu Prakerja, sama dengan tahun 2020 yaitu WNI, 18 tahun ke atas, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Program ini ditujukan kepada pencari kerja, penganggur, pekerja dan wirausaha.

"Kami juga mengajak para Pekerja yang dirumahkan atau kehilangan pekerjaan dan para Pelaku Usaha Mikro maupun Kecil (UMK) yang tutup usaha karena dampak pandemi Covid-19 untuk bisa mendaftarkan diri dalam program Kartu Prakerja," ujar Airlangga.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading