5 Tips Sederhana Mengeringkan HP yang Kena Air Gegara Banjir

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 February 2021 12:45
Pay for goods by credit card through a smartphone in a coffee shop.

Jakarta, CNBC IndonesiaBanjir kerap kali memakan korban materi. Salah satunya adalah handphone.

Sebagai pengetahuan, HP baru biasanya sudah dibuat anti air dengan sertifikasi IP67 atau IP68. Tapi tidak demikian dengan HP lama. Anda harus cepat bertindak agar HP tidak rusak.

Dihimpun detikINET dari Tech Advisor, Minggu (21/2/2021), inilah tipsnya.

1. Segera amankan HP dari air
Bahkan HP baru anti air dengan sertifikasi IP67 atau IP68 tidak bisa lama-lama kena air. Batas maksimalnya adalah kedalaman 2 meter dan waktu 30 menit. HP lama lebih dangkal dan lebih sebentar lagi.

Begitu tercemplung banjir, segera angkat dan selamatkan. Segera lap dengan handuk, kain atau lainnya sebagai pertolongan pertama. Berikutnya adalah tindakan menyeluruh.

2. Segera matikan HP
Begitu diselamatkan dari air dan dilap, segera matikan ponsel. Jangan gunakan ponsel basah untuk alasan apapun. Ini untuk menghindari risiko korsleting di dalam HP



3. Lepas semua bagian yang bisa dilepas
Buka soft case plastik atau silikonnya dan bersihkan. Buka casing HP kalau memang bisa dibuka. Lepas SIM card dan memory card. Kalau HP lama yang bisa lepas baterai, lepas juga baterainya. Goyang-goyang sedikit untuk mengeluarkan air yang masuk ke port. Keringkan semua bagian yang bisa dilepas tadi. Setelah kering, bisa disatukan lagi semua untuk tahap selanjutnya.

4. Kubur pakai beras atau silica gel
Ini bukan mitos, tapi fakta ilmiah. Beras bisa mengeringkan bagian dalam dari HP basah dengan aman. Caranya, ambil wadah seukuran HP Anda, misalnya piring atau mangkuk. Bungkus HP Anda dengan selembar tisu, lalu kubur dengan beras di piring/mangkuk tersebut. Diamkan selama 24
jam. Tisu ini fungsinya agar beras tidak lengket menempel di HP.

Alternatifnya adalah memakai banyak silica gel. Biasanya ada di dalam paket barang online yang Anda beli, misalnya di dalam kotak sepatu atau paket makanan ringan. Taruh HP basah di lemari yang hangat dan ada aliran udara bersama kantung-kantung silica gel, diamkan 1-2 hari. Setelah beberapa waktu, beras dan silica gel akan menyerap air yang ada di dalam HP Anda.

5. Empat cara terlarang dalam mengeringkan HP kena air
Tips yang ini adalah 4 cara terlarang dalam mengeringkan HP kena air. Jangan pakai mesin pengering, meskipun dipasangi pelindung. Jangan ditaruh di radiator panas. Jangan dikeringkan pakai hair dryer. Jangan dimasukan ke freezer atau ditaruh di oven. 4 Cara ini justru bisa merusak HP.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading