Vaksinasi Covid-19

Hore! 4,6 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba Akhir Februari

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 February 2021 06:30
A nurse assistant prepares a dose of the Oxford-AstraZeneca vaccine for COVID-19 during a priority vaccination program for health workers at a community medical center in Sao Paulo, Brazil, Wednesday, Feb. 3, 2021. (AP Photo/Andre Penner)

Jakarta, CNBC Indonesia - PresidenĀ Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan jutaan dosis vaksinĀ Covid-19 produksi AstraZeneca akan segera tiba di tanah air.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam dialog dengan pemimpin redaksi media massa nasional pada Rabu (17/2/2021) sebagaimana dikutip laman resmi Sekretariat Kabinet, Sabtu (20/2/2021).

"Dan mungkin akhir Februari atau awal Maret akan keluar lagi dari AstraZeneca, itu 4,6 (juta dosis)," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan peruntukkan vaksin Covid-19 AstraZeneca masih didiskusikan internal Kementerian Kesehatan.




"Apakah ini nanti dikhususkan di sebuah provinsi sendiri sehingga pengelolaan manajemennya akan lebih mudah, ini yang belum diputuskan," katanya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mencontohkan apakah vaksin Covid-19 AstraZeneca dikhususkan di provinsi tertentu.

"Karena kalau campur-campur juga... karena ini dua kali (dosis suntikan) semuanya. Dan juga, saya mendapat informasi, kalau yang (vaksin) AstraZeneca ini juga (rentang antara) suntikan pertama dan kedua itu memakan waktu yang berbeda," ujar Jokowi.

"Kalau Sinovac itu dua minggu, kalau AstraZeneca itu satu bulan sampai dua bulan, yang ini juga masih belum jelas yang satu bulan untuk siapa, yang dua bulan untuk siapa. Ini saya kira arahnya ke sana," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading