Honda akan Rilis Mobil Baru Besok, Ini Bocorannya!

Tech - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
17 February 2021 15:20
Petugas melakukan pengecekan fisik kendaraan sebelum di kirimkan ke pelanggan di Dealer Honda Sawangan, Depok, Jawa Barat (17/9/2020). Kementerian Perindustrian mengusulkan relaksasi pajak pembelian mobil baru sebesar 0 persen atau pemangkasan pajak kendaraan bermotor (PKB). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT. Honda Prospect Motor (HPM) memastikan bakal merilis mobil anyar pada besok Kamis (17/2/21). Sepanjang 2020 lalu, HPM hanya merilis sedikit mobil anyar, salah satunya Civic RS yang sudah ada sebelum pandemi Covid-19.

Dalam peluncuran besok, kemungkinan ada tiga mobil yang akan diperkenalkan kepada publik, yakni Honda CR-V Facelift, Honda Brio Urbanite, Honda Odyssey Facelift. Namun, Director in charge of Business Innovation and Sales & Marketing HPM Yusak Billy belum mau mengonfirmasinya.

"Kami akan melakukan peluncuran mobil besok (Kamis/18/2), tetapi untuk detail modelnya mohon tunggu saat press conference," kata Billy kepada CNBC Indonesia, Rabu (17/2/21).


Berikut tiga mobil yang berpotensi HPM rilis besok:

Honda CR-V Facelift

Kehadiran mobil ini sudah menjadi penantian konsumen tanah air sejak tahun 2020 lalu. Namun, HPM memilih untuk menunda peluncuran hingga tahun ini. Padahal, konsumen di Malaysia sudah lebih dulu mendapat sentuhan mobil ini pada November 2020 silam.

Bahkan Thailand lebih anyar lagi yakni pada Juli 2020 lalu. Negeri Gajah Putih itu menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan versi terbaru medium SUV Honda ini. Model anyar mobil ini di Indonesia sudah lama tidak mendapat penyegaran, yakni pada tahun 2017 lalu. Setelah itu, tidak ada lagi peluncuran mobil anyar ini.

Sinyal meluncurnya mobil ini terlihat dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor yang terdaftar Di Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi Dki Jakarta. Harga mobil termurah ada pada tipe CRV RM1 2WD2.0MT CKD dengan harga Rp. 329.000.000, sementara yang paling mahal adalah CRV15TCPRESTIGCVTCKD dengan harga Rp. 407.000.000.

Honda Brio Urbanite

Pembaruan Brio menjadi momen yang penting bagi HPM. Bagaimana tidak, mobil ini sudah menjadi yang terlaris dari semua jenis mobil di Indonesia sepanjang 2020 dengan penjualan 40.789 unit. Tren itu kembali berlanjut di Januari 2021 lalu, yakni dengan penjualan 3.814 unit.

Keberadaan Brio Urbanite bisa menjadi pendongkrak penjualan agar bisa semakin menjauhi pesaingnya. Billy pun mengakui pentingnya produk mobil ini bagi HPM.

"Peningkatan penjualan Honda Brio saat ini sejalan dengan pertumbuhan segmen first time buyer yang didorong kebutuhan mobil pertama akibat perubahan perilaku masyarakat di masa pandemi," sebutnya.

Brio Urbanite kemungkinan tidak akan membuat perubahan drastis dari Brio sebelumnya, mengingat larisnya penjualan dari jenis mobil sebelumnya. Namun akan ada ubahan lebih segar di sektor eksterior dan interior.

Salah satu diler mobil Honda di Purwokerto Jawa Tengah pun sudah membuka akses bagi calon konsumen yang ingin memiliki Brio Urbanite ini. Ada dua warna yang bisa menjadi pilihan hoenix Orange Pearl & Carnival Yellow with Black Top. Stoknya terbatas dengan proses Inden estimasi -+ 1 Bulan dari tanggal pemesanan.

Honda Odyssey Facelift

Honda Odyssey Facelift 2021 sudah resmi rilis di Jepang pada November 2020 lalu. Selang dua bulan kemudian, giliran Thailand yang mendapat kesempatan untuk menjajal mobil ini. Ada pembaruan di tampilan, fitur, serta sistem e:HEV hybrid.

Dari sisi tampilan, lampu depan minimalis berteknologi LED, grill membesar serta perubahan di sisi bemper.

Di Jepang, mobil ini memiliki terbagi menjadi dua jenis. Pertama dengan mesin eHEV (hybrid) berkapasitas 2.000 cc 4-silinder yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 145 hp dan torsi 175 Nm dipadu dua motor listrik.

Sementara jenis kedua memiliki mesin K24W 2.4 liter empat silinder bertenaga 175 PS (173 hp) di 6,200 rpm dan torsi 225 Nm di 4,000 rpm

Saingan Toyota Alphard di kelas MPV premium ini memiliki banderol Rp1,26 miliar di Jepang.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading