Gagal Caplok TikTok, Microsoft Bidik Medsos Pinterest

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 February 2021 16:09
Pinterest

Jakarta, CNBC Indonesia - Hasrat Microsoft untuk masuk bisnis media sosial (medsos) belum surut. Usai gagal mencaplok Tiktok, Perusahaan yang didirikan Bill Gates ini dikabarkan membidik Pinterest.

Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh Financial Times dengan mengutip beberapa sumber anonim yang mengetahui rencana aksi korporasi ini dan dilansir dari Reuters, Kamis (11/2/2021).

Proses penjajakan untuk akuisisi ini dilakukan dalam beberapa bulan terakhir dan saat ini negosiasinya belum aktif kembali. Pinterest merupakan media sosial Amerika Serikat (AS) bervaluasi US$51 miliar.


Pandemi Covid-19 telah memberikan keuntungan besar pada Pinterest. Berkurangnya aktivitas di luar rumah dan mendorong peningkatan keterlibatan di platform media sosial. Jumlah pengguna aktif bulanan Pinterest meningkat 37% menjadi 459 juta pada kuartal keempat 2020.

Pinterest merupakan media sosial berbagi gambar atau foto layaknya Instragram. Pinterest mengklaim pada 2020 memiliki 200 juta pengguna aktif bulanan. Pinterest menghasilkan pendapatan melalui iklan digital yang dipasang di platformnya.

Hingga berita ini dipublikasikan, Microsoft dan Pinterest tidak menanggapi permintaan komentar Reuters.

Tahun lalu Microsoft mengkonfirmasi pihaknya mengadakan pembicaraan dengan Bytedance untuk mengakuisisi TikTok AS, Kanada, Australia dan Selandia Baru. Sayangnya hingga waktu negosiasi berakhir, 15 September 2020, tak terjadi kata sepakat. Microsoft pun membatalkan niatnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading