Facebook Blokir Event Saat Inagurasi Joe Biden, Kenapa?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 January 2021 11:45
Figurines are seen in front of the Facebook logo in this illustration taken March 20, 2018. REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook memutuskan akan memblokir kegiatan Facebook Event di beberapa lokasi saat inagurasi Presiden terpilih AS berikutnya Joe Biden pada 20 Januari 2021. Lokasi yang diblokir adalah sekitar Gedung Putih, Gedung Capitol dan Gedung DPR.

Selain itu, Facebook juga memblokir akun dan laman dari luar AS untuk membuat acara di negara tersebut. Pihak platform menyebutkan keputusan itu untuk menghindari orang-orang menggunakan platformnya untuk melakukan hasutan kekerasan, dikutip CNBC Internasional, Senin, 18 Januari 2021.

Platform buatan Mark Zuckerberg itu juga melakukan langkah preventif lain yakni membatasi fitur lain untuk masyarakat AS dengan sinyal tertentu. Misalnya pengguna yang melakukan pelanggaran berulang pada kebijakannya.


Menurut Facebook, platform dapat memblokir akun membuat Live video atau membuat event, Group atau Page.

Facebook juga tak menutup kemungkinan jika akan ada tambahan kebijakan untuk penggunaanya di AS. Hal tersebut bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhannya.

Keputusan yang sama juga diambil oleh platform home-sharing, Airbnb. Perusahaan memutuskan untuk membatalkan seluruh pemesanan rumah di area inagurasi Biden, Washington DC.

Airbnb mengambil langkah tersebut setelah otoritas setempat memperingatkan akan ada ancaman dari milisi bersenjata, dikutip Reuters.

Perusahaan itu mengambil keputusan setelah berkonsultasi dengan pejabat lokal dan federal setempat. Selain itu juga ada ketakutan dari para pemilik rumah yang disewakan soal potensi adanya serangan.

Sama seperti Facebook, CEO Airbnb, Brian Chesky menyatakan tidak ingin jika platformnya menjadi media orang-orang berbuat kekerasan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading