IndoXXI & LK21 Eksis di Google Android, Kominfo Bergerak!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 January 2021 15:34
Gedung Kominfo. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kominfo memastikan terus bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM untuk mengawasi hingga menindak platform streaming ilegal di dunia maya.

"Kominfo terus bekerjasama dg Ditjen Kekayaan Intelektual untuk melakukan pengawasan dan penindakan konten/aplikasi/situsĀ ilegal seperti tersebut di atas," kata Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi kepada CNBC Indonesia, Kamis (14/1/2021).

Dia juga memastikan proses pemblokiran platform streaming ilegal juga terus dilakukan oleh pihaknya.


Menyoal adanya aplikasi streaming ilegal dengan nama-nama seperti IndoXXI dan LK21, Dedy juga mengatakan sedang bekerja sama dengan pihak Google. Hal ini dilakukan untuk upaya pemblokiran terhadap aplikasi.

"Khususnya untuk yang berada di playstore, Kominfo sedang bekerjasama dengan Google untuk melakukan pemblokiran," ungkapnya.

Sebagai informasi, nama-nama streaming ilegal yang cukup terkenal seperti LK21 dan IndoXXI ternyata bertransformasi menjadi aplikasi. Kedua nama itu bisa ditemui saat menelusuri di Play Store.

Khusus untuk platform bernama IndoXXI Premiere, aplikasi itu menggunakan konsep berlangganan dengan harga sangat murah yakni Rp10.353. Pembayarannya melakukan transfer ke sejumlah akun bank atau dompet digital.

Pantauan CNBC Indonesia, tampilan IndoXXI pun mirip seperti laman utama layanan streaming Netflix. Mulai dari layout laman utama, juga terdapat kemiripan fitur putar, Daftar Saya, dan info.

Namun menariknya film yang ditawarkan di laman utama adalah Wonder Woman 1984, yang sebenarnya belum tersedia di layanan streaming untuk wilayah Indonesia.

Namun hanya IndoXXI yang menawarkan konsep berlangganan dan pengguna harus membayar sebelum menonton. Aplikasi lain yakni LK21 dan XXI Movie membuka layanannya secara gratis tanpa harus registrasi terlebih dulu.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading